Pelatihan MC dan protokol karyawan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. (humas)

Belajar Jadi MC dan Protokol Handal Karyawan PDAM Bekasi Dilatih

Loading

‎BEKASI (IndependensI.com)-  Sebagai Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah (BUMD) milik Pemkab Bekasi, kini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi merupakan PDAM terbesar pelanggannya PDAM se Jawa Barat. Kini telah memiliki 350.000 lebih pelanggan atau sambungan langganan (SL).

Ratusan ribu pelanggan ini, tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi yang kini berpenduduk sekitar 5 juta jiwa. Ditargetkan, awal tahun 2023, jumlah pelanggan sebanyak 400.000 SL atau setara 1,6 juta jiwa. Maka, pelayanan sebagai perusahaan publik,  harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ternyata, tidak hanya meningkatkan pelayanan air bersih yang harus ditingkatkan, tapi pemberian informasi kepada pelanggan juga harus cepat dan tepat. Terkait hal itulah, Bagian Hukum dan Humas perushaaan uni, kemarin melakukan pelatihan ‎master of ceremony (MC) dan protokol kepada belasan karyawannya.

Pelatihan  dua hari, dibuka Direktur Usaha PDAM, Maman Sudarman. Pada pelatihan, menghadirkan praktisi MC profesional yakni  Maya Rachma dan Vivi Novidia‎. Keduanya, membawakan tips dan trik menjadi MC dan protokol profesional baik di lingkungan perusahaan maupun di luar perusahaan.

Etiket pembawa acara antara lain, membuat catatan yang teratur dengan menggunakan kertas atau cue card. Catatan tersebut berisi tentang rangkaian acara serta para hadirin yang hadir. Ini menjadi hal dasar yang harus diketahui oleh seorang pembawa acara.

Meski membawa catatan, jangan mengangkat kertas terlalu tinggi sehingga menggangu perhatian audiens. Selain itu, dibagikan  pengalamannya di dunia MC dan protokol.

Pengaturan tata tempat, berkaitan dengan ‎siapa yang diundang, siapa yang tidak hadir (diwakili), rangking jabatan pusat (mulai dari presiden, menteri, MPR, DPR, Polri, TNI), pemerintah provinsi, hingga wali kota/bupati, harus diketahui.

Pada hari pertama, para peserta pelatihan diantaranya diajarkan terkait teknik-teknik dasar public speaking. Seorang MC,  harus percaya diri, menguasai teknik visual, teknik vocal, komunikatif dan interaktif.

Untuk membangun kepercayaan diri, dapat dibangun dengan memperbanyak pengalaman, persiapan yang matang, latihan sebelum tampil dan tidak menganggap rendah diri sendiri.

Terkait teknik vocal, harus memperhatikan volume suara, nada, kecepatan, artikulasi dan intonasi. Volume suara harus dipastikan audience dapat mendengarkan dengan baik dan nyaman. Sedang kecepatan rata-rata berbicara 20 sampai 150 kata permenit.

Diajarkan juga tips seorang MC meningkatkan artikulasi, diantaranya melakukan pemanasan melakui senam wajah dan mulut. Artinya,  muka mulut dan rahang  lebih  besar saat mengucapkan kata-kata.

Pelatihan  MC dan protokol ini, ungkap Kabag Hukum dan Humas PDAM Tirta Bhagasasi Ahmad Gunawan, Jumat (4/11/2022), bertujuan gunameningkatkan kemampuan pegawai seputar dunia MC dan protokol. (jonder sihotang)