Kejaksaan Agung Terima Penghargaan pada Peringatan Hari HAM ke-74

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kejaksaan Agung menjadi salah satu instansi penerima penghargaan sebagai Instansi yang responsif terhadap tindak lanjut rekomendasi penanganan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-04.HA.02.01.01 TAHUN 2022 tentang Penetapan Penghargaan Pelayanan Komunikasi Masyarakat Tahun 2022.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan, Senin (12/12/2022) piagam penghargaan diserahkan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan diterima Wakil Jaksa Agung Sunarta mewakili Jaksa Agung dalam Acara Peringatan Hari HAM ke-74 Tahun 2022 bertema “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju”.

Sumedana menuturkan dalam Keputusan Menkum dan HAM terkait pemberian penghargaan menyebutkan bahwa Kejaksaan Agung bukan saja dalam kapasitas sebagai penegak hukum yaitu penyidik dan penuntut umum serta eksekusi terhadap penanganan perkara pelanggaran HAM berat.

“Namun juga sebagai institusi yang responsif memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dan kementerian lembaga,” tuturnya.



Selain Kejaksaan Agung instansi lain juga mendapat penghargaan dalam kriteria yang sama yaitu Kepolisian Negara RI, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dan Tentara Nasional Indonesia.

Kemudian penghargaan bagi Instansi Responsif Isu HAM Global yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Luar Negeri.

Untuk Kantor Wilayah Responsif dan Proaktif dalam penanganan dugaan pelanggaran HAM yaitu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur. Sementara Instansi Responsif Isu HAM Global yaitu Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Sumedana menambahkan penghargaan diberikan atas upaya dalam mendorong penyelesaian dan menangani penanganan dugaan pelanggaran HAM sebagai wujud pemajuan HAM.(muj)