Jaksa Agung: Membangun Kesadaran Hukum dengan Pendekatan Humanis Suatu Keharusan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan kehadiran jaksa harus dapat membangun keseimbangan dan keharmonisan untuk mewujudkan masyarakat yang damai.

Oleh karena itu menurut Jaksa Agung kata kuncinya adalah membangun kesadaran hukum dengan pendekatan humanis adalah suatu keharusan.

“Karena ketika masyarakat sudah sadar hukum, maka akan terjamin ketaatan, keselamatan dan kesejahteraannya,” tutur Burhanuddin saat melanjutkan kunjungan kerjanya di Kejaksaan Negeri Ogan Ilir dan Kejaksaan Negeri Palembang, Sumatera Selatan, Senin (19/12/2022).

Dia pun menyebutkan penegakan hukum yang humanis itu dilandasi dengan hati nurani. “Sehingga nilai-nilai kemanusiaan adalah hal terpenting dalam menentukan arah penegakan hukum di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dibagian lain Jaksa Agung menekankan kepada seluruh jajaran bahwa jabatan yang diemban saat ini semata-mata merupakan bentuk pengabdian kepada Negara dan masyarakat.

“Jadi jangan sekali-sekali mencederai rasa keadilan di masyarakat. Karena tugas kita sebagai aparat penegak hukum adalah menjaga dan memastikan masyarakat menerima keadilan dan kemanfaatan hukum,” ucapnya.

Dia menambahkan saatnya untuk berbenah diri, bangun rasa empati di tengah kesulitan masyarakat serta saling membantu di tengah berbagai bencana di masyarakat.

“Hal yang paling terpenting adalah jangan membawa diri secara berlebihan. Tunjukkan pola hidup sederhana, berbaur dengan masyarakat sehingga warga Adhyaksa mengetahui serta memahami apa kebutuhan hukum dari
masyarakat,” ujarnya.

Dia pun berpesan secara khusus kepada para Kepala Kejaksaan Negeri dan jajaran untuk lebih banyak berkomunikasi dengan masyarakat dengan mempublikasikan seluruh kerja baik yang telah dilakukan, sehingga masyarakat mengetahui kinerja kita semua.

“Berikan akses informasi yang mudah, cepat dan akurat kepada masyarakat dan media. Sehingga dukungan dan kepercayaan terhadap kejaksaan juga semakin baik,” ucap Jaksa Agung didampingi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Sarjono Turin dalam kunjungan kerjanya.(muj)