Ahmad Basarah : Pak Taufiq Berjasa Luruskan Sejarah Pancasila

Loading

Jakarta- DPP PDI Perjuangan dan Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) menggelar ziarah kubur dalam rangka Peringatan 80 Tahun Bapak HM. Taufiq Kiemas pada Sabtu 31 Desember 2022.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menyatakan, Taufiq Kiemas berjasa dalam meluruskan sejarah lahirnya Pancasila.

“Salah satu legacy beliau adalah sekarang setiap tahun kita memperingati hari lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni,” ungkap Basarah di TMP Kalibata.

“Legacy beliau lainnya selama menjadi ketua MPR, adalah menyusun 4 pilar dalam berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Taufiq, lanjut Basarah, juga merupakan figur pemersatu bangsa. Alumni GMNI itu, ujar Basarah, bisa diterima semua kalangan dari beragam aliran politik.

“Beliau bisa diterima kalangan nasionalis, Islam maupun non-Muslim. Saya pikir, spirit kebangsaan beliau itu menjadi suri tauladan bagi kita,” pungkasnya.

Kegiatan Ziarah kubur itu diawali dengan berziarah ke pusara Makam Ibu Fatmawati di Pemakaman Karet Bivak Blok AA 1 Unit Isalm.

Kemudian berlanjut dengan ziarah kubur ke pusara Makam Bapak HM. Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Selain Basarah, kegiatan  Peringatan 80 Tahun Bapak HM. Taufiq Kiemas ini dipandu oleh Sekretaris Umum PP Bamusi Nasyirul Falah Amru (Gus Falah), serta  dihadiri antara lain oleh Ketua Umum Bamusi Hamka Haq, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning dan perwakilan keluarga Bapak Taufiq Kiemas, Heri Kiemas.