Jaksa Agung Minta Kajati-APIP Sinergi Awasi Penyelenggaraan Pemda dan Pengelolaan Keuangan Daerah

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta kepada para Kepala Kejaksaan Tinggi yang baru dilantik agar segera bersinergi dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di masing-masing wilayah hukumnya.

“Guna melakukan pengawasan penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan Keuangan daerah,” kata Jaksa Agung usai melantik sejumlah Kepala Kejaksaan Tinggi dan pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung di Gedung Utama, Kejaksaan Agung, Jakarta Selasa (7/2/2023).

Namun dia menegaskan sinergi antara Kepala Kejaksaan Tinggi dengan APIP dalam melakukan pengawasan dengan tidak menegasikan kewenangan masing-masing.

Jaksa Agung pun mengingatkan agar para Kajati yang baru berakselerasi dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan dengan memperhatikan nilai-nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat.

“Serta mencermati, memahami dan melaksanakan pola penanganan perkara yang taat prosedur. Agar penanganannya dapat dilaksanakan secara profesional, tepat sasaran, tuntas dan berbobot,” tuturnya.

Sementara untuk para pejabat eselon II baik di bidang teknis dan non teknis yang baru, Jaksa Agung meminta agar segera melakukan pemetaan terhadap persoalan yang terdapat di dalam masing-masing lingkungan kerja atau bidang jabatan.

“Menentukan skala prioritas penyelesaian tugas, fungsi dan tanggungjawab masing-masing lingkungan kerja atau bidang jabatan. Melakukan konsolidasi dengan lingkungan kerja yang baru baik di dalam maupun di luar lintas bidang jabatan terkait,” katanya.

Selain itu, tutur dia, pelajari program atau kebijakan pejabat sebelumnya untuk selanjutnya diidentifikasi kelebihan dan kekurangannya dalam mendukung arah kebijakan pimpinan dan tercapainya tujuan organisasi.

 Jaksa Agung sebelumnya mengatakan penunjukan para pejabat di lingkungan kejaksaan melalui proses yang panjang, mulai dari rekam jejak, asesmen sampai evaluasi kinerja.

“Karena itu para pejabat yang ditunjuk adalah insan terbaik Adhyaksa dan telah melalui proses kajian mendalam, pertimbangan matang, serta penilaian yang obyektif untuk mengisi jabatan yang telah ditentukan dengan memperhatikan prinsip orang yang tepat di tempat yang tepat,” kata dia.

Di samping itu, tutur Jaksa Agung, memberi kesempatan kepada setiap insan Adhyaksa di lingkungan kerjanya untuk dapat mengembangkan diri melalui pola karir dan penugasan yang baru dan beragam,” ujar Jaksa Agung.

Dia pun berpesan agar jadikan jabatan sebagai kesempatan untuk semakin meningkatkan kemampuan, memperkaya pengalaman dan memperluas wawasan. “Agar memiliki performa dan kemampuan yang unggul, sebagai bekal menapaki karir dan mengemban tugas lain yang lebih besar dan kompleks selanjutnya,” ucapnya.

Dia pun mengistilahkan mengemban jabatan ibarat membangun rumah sehingga agar seimbang bangunannya maka perlu takaran pondasi ideal yang terdiri dari kepemimpinan, kapabilitas dan loyalitas.

“Untuk membuat pondasi tersebut menjadi kokoh maka pertebal integritas dan kejujuran,” ucap mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan ini.

Adapun para pejabat yang dilantik yaitu:

1.  Dr. Masyhudi, S.H., M.H. selaku Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen.

2.   Dr. Heffinur, S.H., M.Hum. selaku Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan.

3.  Raden Febrytriyanto, S.H., M.H. selaku Sekretaris Jaksa Agung Muda Perdata dan     Tata Usaha Negara.

4.  Edy Birton, S.H., M.H. selaku Sekretaris Jaksa Agung Muda Pidana Militer.

5.  Dr. Andi Muhammad Taufik, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara.

6.  Dade Ruskandar, S.H., M.H. selaku Inspektur IV Pengawasan.

7.  Sungarpin, S.H., M.Hum. selaku Inspektur V Pengawasan.

8.  Hari Setiyono, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur.

9.  Katarina Endang Sarwestri, S.H., M.H. selaku Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen.

10. Leonard Eben Ezer Simanjuntak, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

11. Raimel Jesaja, S.H., M.H. selaku Direktur Ekonomi dan Keuangan pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen.

12. Haruna, S.H., M.H. selaku Inspektur I Pengawasan.

13. Dr. Drs. Muhammad Yusuf, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.

14. Asep Maryono, S.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung.

15. Ponco Hartanto, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi D.I.Yogyakarta.

16. Iman Wijaya, S.H., M.Hum. selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan.

17. Dr. Didik Farkhan Alisyahdi, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Banten.

18. Firdaus, S.H., M.H. selaku Direktur Pertimbangan Hukum pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

19. Purwanto Joko Irianto, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo.

20. Bernadeta Maria Erna, S.H., M.H. selaku Kepala Biro Hukum.

21. Budi Hartawan Panjaitan, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku.

22. Aliza Rahayu Rusman, S.H., M.H. selaku Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

23. Dr. Bambang Gunawan, S.H., M.Hum. selaku Direktur Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara, Ketertiban Umum, dan Tindak Pidana Umum Lainnya pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum

24. Nanang Ibrahim Soleh, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat.

25. Siswanto, S.H., M.H. selaku Kepala Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi.

26. Yudi Indra Gunawan, S.H., M.H. selaku Kepala Biro Umum.

27. Dr. Patris Yusrian Jaya, S.H., M.H. selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara.

Hadir dalam acara ini Ketua Komisi Kejaksaan, Wakil Jaksa Agung, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Para Staf Ahli Jaksa Agung, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat beserta anggota, Para Pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Kejaksaan Agung. (muj)