Apresiasi Peluncuran Buku JC, Dirjen PP: Pemerintah Sedang Bahas PP Implementasinya

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (PP) pada Kementerian Hukum dan HAM Prof Asep Nana Mulyana mengatakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal PP kini sedang membahas Peraturan Pemerintah terkait dengan implementasi “Justice Collaborator”.

Oleh karena itu Asep mengapresiasi peluncuran tiga buku yang mengupas soal “Justice Collaborator” karya mantan Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Pengawasan almarhum Hidayatullah yang di launching Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja).

“Karena topik dari buku tersebut sangat menarik dan subtansial. Selain bermanfaat dan sangat membantu dalam menyelesaikan persoalan atau mekanisme terkait justice collaborator” tutur Asep yang juga Ketua II Persaja dalam acara launching ketiga buku karya almarhum di Jakarta, Kamis (04/05/2023).

Ketiga buku yang dilaunching Asep mewakili Ketua Umum Persaja Amir Yanto yang juga JAM Intelijen masing-masing dengan judul “Justice Collaborator dalam Sistem Peradilan Pidana Indonesia”, “Filosofi Justice Collaborator” dan “Perlindungan Hukum Justice Collaborator dalam Sistem Peradilan Pidana.”

Asep menyebutkan juga ketiga buku merupakan karya yang sangat monumental dan mendalam. “Topik terkait justice collaborator yang dibahas dalam ketiga buku juga bersifat filosofis,” tuturnya.

Dia pun selaku pribadi menganggap karya almarhum sangat luar biasa. “Karena di tengah kesibukannya, beliau dapat menulis tiga buku sekaligus dalam satu waktu,” tutur mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat ini.

Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Didik Farkhan Alisyahdi selaku Ketua Panitia dengan senada menyampaikan apresiasi dilaunchingnya ketiga buku tersebut.

Didik pun mengutip ungkapan Pramudya Ananta Toer yang mengatakan “Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan menghilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Dia menambahkan bahwa ketiga buku mengurai dengan luar biasa topik terkait justice collaborator dalam sistem peradilan di Indonesia dan perlindungan hukum justice collaborator dalam sistem peradilan pidana.

Acara launching ketiga buku dihadiri Ketua Umum Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) Nur Rochmat, Asisten Pidana Umum, Asisten Pidana Militer dan Asisten Pidana Khusus Kejati DKI Jakarta serta para Kepala Kejaksaan Negeri di DKI Jakarta.(muj)