Pemberian batuan gerobak kepada pelaku UMKM oleh Baznas Kabupaten Bekasi. (humas)

Baznas Kabupaten Bekasi Bantu Pelaku UMKM

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terus mengalir. Kali ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  setempat melalui program Bekasi Mandiri, memberikan sebanyak 46 unit gerobak barokah kepada  pelaku UMKM yang berada  si  23 kecamatan. Pemberian bantuan berlangsung di kantor Baznas, Komplek Pemkab Bekasi Cikarang Pusat,  Selasa (1/8/2023).

Baznas  setempat, saat itu juga  menggelar pelatihan terkait  peningkatan bisnis yang diikuti para pelaku UMKM penerima manfaat. Gerobak tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra  Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Ida Farida dan Kabag Kesra, Bennie Y Iskandar.

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Samsul Bahri mengatakan, pemberian bantuan fasilitas gerobak tersebut bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan ekonomi mereka dan bisa produktif dengan berjualan.  Dari setiap kecamatan dipilih  dua orang mustahik, dan  program Bekasi Mandiri ini lebih berorientasi kepada pendistribusian dana zakat supaya berdayaguna, katanya.

Para pelaku UMKM penerima  bantua  gerobak  telah mengikuti beberapa tahapan. Yang dipilih hanya mereka yang betul-betul memiliki niat dan tekad kuat untuk memulai usaha berjualannya dan sangat membutuhkan bantuan yang dipilih.

“Program Bekasi Mandiri ini sudah berjalan kurang lebih enam  tahun kemudian dalam penyaluran 46 unit gerobak kami mengundang langsung para mustahik ke kantor Baznas, dengan hadir semua disini agar tidak salah sasaran itu langkah pertama sesuai orang yang tepat dan sangat membutuhkan,” ucapnya .

Dalam  pelatihan wirausaha disampaikan motivasi  bertujuan untuk meyakinkan kembali jenis-jenis usahanya sehingga para mustahik tahu dalam menjalankan usahanya dengan baik. Maka, dengan mengikuti pelatihan, diharapkan mereka dapat  mengambil pelajaran dalam menjalankan usaha, sesuai kaidah bisnis, harapannya mereka bisa meraih keberhasilan dan kesuksesan berwirausaha,.

Baznas Kabupaten Bekasi, katanya, , selanjutnya akan memberikan pendampingan secara rutin bagi penerima batuan gerobak program Bekasi Mandiri serta melakukan pendataan. Hal ini bertujuan agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan usahanya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.  (jonder sihotang)