Tak Henti Bantu Rakyat Kecil, Ini Yang Dilakukan TB Hasanuddin

Loading

Sumedang -Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin terus berkomitmen untuk membantu rakyat kecil. Terbaru, TB Hasanuddin membantu memperbaiki rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Sumedang.

Rutilahu yang diperbaiki merupakan milik Epon, seorang warga di Dusun Bobojong RT04/RW01, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan.

Dalam merenovasi rutilahu tersebut, TB Hasanuddin rela merogoh uang Rp20 juta dari saku pribadinya. Perbaikan rutilahu milik Epon selesai dikerjakan kurang dari 1 bulan.

“Waktu itu saya dapat laporan tim di lapangan. Saya bilang coba dibantu lah. Kalau lewat prosedur pengajuan rutilahu memang butuh waktu. Nanti rumah keburu ambruk,” kata TB Hasanuddin di sela kunjungan ke rumah Epon, Minggu (6/8).

TB Hasanuddin menceritakan, saat itu dirinya memberikan langsung bantuan untuk renovasi rumah kepada ketua RW setempat. Kemudian, perbaikan rutilahu dikerjakan secara bergotong royong.

“Kondisi rumah awalnya atap bocor, udara kotor karena minim ventilasi sehingga dapat memengaruhi kesehatan penghuninya. Nah kalau ruanganya bersih dapat membuat penghuninya sehat, tidak mudah sakit. Alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih baik,” ungkapnya.
Selain untuk renovasi, TB Hasanuddin juga memberikan bantuan berupa kasur, bantal dan perlengkapan mebel. Bahkan, Epon juga mendapat bantuan berupa roda agar dapat berjualan.

“Karena kasur dan bantalnya belum ada. Baru ke bagian mebel yang juga sudah kita siapkan sudah ada di dalam rumah. Nanti kami siapkan juga roda untuk berjualan, sebelumnya juga kan sudah berdagang seblak,” tuturnya.

Saat meresmikan rumah Epon yang selesai direnovasi, TB Hasanuddin juga didampingi Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari. Mereka pun disambut antusias warga, dan dibalas TB Hasanuddin dengan menyapa dan bersalaman sembari menanyai kesehatan.

“Saya pribadi memprioritaskan renovasi Rutilahu karena merupakan kebutuhan pokok dan juga merupakan wujud kepedulian saya kepada masyarakat di daerah pemilihan. Untuk Sumedang saja sudah puluhan rumah warga yang diperbaiki, juga di Majalengka dan Subang,” tandasnya.