Ketua PBNU Sarankan Pertashop di Pesantren Jual BBM Subsidi

Loading

Jakarta- Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru menyarankan BBM bersubsidi seperti Pertalite dan solar bisa dijual di Pertamina Shop (Pertashop) yang berada di Pesantren.

Pernyataan tokoh yang akrab disapa Gus Falah itu diungkapkan dalam rangka menanggapi rencana PT Pertamina (Persero) dan BPH Migas untuk memperbolehkan penjualan solar dan Pertalite di Pertashop. Sebelumnya, Pertashop hanya diizinkan melayani penjualan BBM non subsidi.

“Sejak beberapa tahun lalu, Pertamina dan BPH Migas khan sudah dan sedang membangun Pertashop di pesantren-pesantren, nah ketika BBM bersubsidi nanti boleh dijual di Pertashop, ini kabar gembira bagi pesantren-pesantren, bagi para Kiai dan santri-santrinya,” ungkap Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Kamis 31 Agustus 2023.

Ketua Tanfidziyah PBNU bidang ekonomi dan lingkungan hidup itu melanjutkan, kebanyakan para santri pesantren berasal dari kalangan masyarakat kecil. Sehingga mereka berhak menggunakan BBM bersubsidi.

“Kebanyakan santri ini khan wong cilik, demikian juga santri-santri Nahdliyin. Jadi cocok, kalau Pertashop yang ada di pesantren mereka menjual BBM bersubsidi,” ungkap Gus Falah.

Putra dari ulama NU Ponorogo KH Amru Al Mu’tasyim itu pun mendorong Pertamina dan BPH Migas untuk terus membangun Pertashop di pesantren-pesantren. Hal itu dapat mendorong terwujudnya kemandirian Pesantren.

Apalagi, sejak dua tahun lalu Pertamina sudah bersinergi dengan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk mengembangkan Pertashop di pesantren-pesantren.

“Dengan adanya Pertashop di pesantren-pesantren, berarti perekonomian nasional bergerak dari akar rumput, dari desa-desa. Dan juga, pembangunan SPBU mini di pesantren ini khan arahan Presiden Jokowi saat Kongres Umat Islam beberapa tahun lalu,” pungkas Anggota Komisi VII DPR-RI itu.