Ilustrasi hotel RedDoorz Syariah. (Ist)

Bidik Wisatawan Muslim, Mitra Hotel RedDoorz Syariah Meningkat

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Platform akomodasi perhotelan terkemuka di Asia Tenggara, RedDoorz, berhasil menumbuhkan jumlah properti hotel berkonsep syariah di Indonesia hingga 500% pada 2023. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah setelah Indonesia kembali ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Tercatat pada Juni 2023, Indonesia meraih peringkat tertinggi sebagai Top Muslim Friendly Destination of The Year 2023 versi Global Muslim Travel Index (GMTI). Gelar yang sudah didapatkan sejak 2019 ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan wisata halal sejak 2014. Dimana salah satunya adalah dengan mendorong pertumbuhan hotel syariah di Indonesia. Destinasi wisata halal yang awalnya hanya merujuk pada Aceh dan Lombok kemudian menyebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Malang, Lampung, Makassar, dan beberapa kota lainnya.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang mencapai 241,7 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar penting bagi industri wisata halal. “Upaya kami dalam memperluas kemitraan melalui properti syariah pun sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan skor Indonesia pada standar Global Muslim Travel Index tahun ini dengan memperkuat kehadiran akomodasi berkonsep syariah dan ramah muslim.” jelas Cut Nany Indriani, Head of Integrated Communication RedDoorz Indonesia melakui keterangan tertulis, Rabu (27/9/2023).

Mengutip Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, wisata halal merupakan sebuah konsep layanan wisata yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan muslim. Seperti tersedianya makanan halal, fasilitas untuk beribadah, hingga akomodasi penginapan yang mengedepankan prinsip-prinsip agama Islam.

“RedDoorz Syariah dirancang untuk memberikan pengalaman menginap yang nyaman dan akomodatif bagi wisatawan muslim Indonesia. Selain fasilitas yang ramah muslim, salah satu persyaratan utama bagi tamu yang ingin menginap di properti RedDoorz Syariah adalah dengan menunjukkan surat nikah yang sah bagi pasangan suami istri,” kata Cut Nany. Indonesia.

Untuk memberikan pengalaman menginap terbaik kepada para tamu, RedDoorz Syariah tetap mempertahankan standar tinggi dalam kenyamanan, kebersihan, dan harga terjangkau yang telah menjadi ciri khas RedDoorz. Prinsip-prinsip ini, dikombinasikan dengan komitmen untuk melayani pasar perjalanan halal, telah membuat RedDoorz Syariah menjadi pilihan terpercaya bagi para wisatawan muslim di seluruh Indonesia.

Seperti diungkapkan Hadiyono, salah satu pemilik properti RedDoorz Syariah bernama Sanama Kostel 2 Syariah RedPartner dan UrbanView Hotel G Syariah di Lampung mengatakan, hotel yang bermitra dengan RedDoorz Syariah telah membantu meningkatkan okupansi hingga 70%. “Kami bangga dapat bekerjasama dengan RedDoorz yang terus mendukung hotel independen seperti kami dan memberikan pelayanan terbaiknya bagi pertumbuhan serta kemudahan bisnis,” terang Hadiyono.

Kedepannya, RedDoorz masih akan terus menumbuhkan jumlah properti syariah di beberapa kota lainnya. “Apalagi trennya saat ini hotel syariah bukan hanya dicari oleh wisatawan muslim, tapi juga wisatawan non-muslim karena kenyamanannya. Sehingga potensi pasarnya menjadi lebih tinggi,” tutup Cut Nany.

RedDoorz, platform booking hotel terkemuka di Asia Tenggara telah memiliki 3.200 jumlah properti yang tersebar di 257 kota di Indonesia. Selain menghadirkan hotel syariah, RedDoorz juga menghadirkan hotel multi-brand yang menyasar target wisatawan kelas menengah atas, seperti SANS, Sunerra, UrbanView, dan The Lavana.