Jelang Lebaran Kiriman Uang TKI / TKW ke Malang Capai Rp 70 Miliar

MALANG (Independensi.com) – Menjelang lebaran, pengiriman uang dan paket dari luar negeri melalui Kantor Pos Besar Malang, melonjak drastis. Pengiriman uang (remitten) sudah tembus Rp70 miliar. Sedangkan barang paket meningkat 50%, dari sekitar 4000 paket per hari menjadi 6000 paket perhari.

Kepala Kantor Pos Besar Malang, Agus Wibowo mengatakan, minggu pertama Ramadhan , pengiriman uang rata-rata Rp2,5 miliar per hari atau naik sekitar lima persen per hari, dibanding hari biasa. Pengirim merupakan TKI / TKW yang bekerja di Arab Saudi, Hongkong, Malaysia dan Taiwan. Mereka biasa menggunakan jasa Western Union.

‘’Tujuan pengiriman lebih banyak mengarah ke wilayah Malang selatan yang memang banyak warganya menjadi TKI,’’ jelas Agus, Sabtu (10/06/2017).

Guna memperlancar transaksi pengambilan remiten, Kantor Pos Besar Malang menambah cash flow di sejumlah kantor cabang, agar tidak sampai terjadi kekurangan uang saat transaksi.
Sementara peningkatan pengiriman barang paket, Agus memperkirakan terjadi karena pengaruh banyaknya bisnis online. ‘’ Rata-rata kirimannya barang fashion,’’ sambungnya.

Agus memprediksi, puncak pengiriman barang maupun remiten akan terjadi pada H-7 lebaran. Kenaikan bisa sampai 50-60 persen dari saat ini. Karena itu, pihaknya telah menambah loket pelayanan, dari sebelumnya enam loket menjadi 9 loket. (Eka Susanti)