Ribuan ojek daring konvoi mudik ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Sekitar 3.000 Ojek Daring Mudik Konvoi ke Jawa

JAKARTA (IndependensI.com) – Komunitas ojek dalam jaringan dari berbagai aplikasi yang tergabung dalam Bikers Indonesia Online (BOI) beramai-ramai konvoi mudik pada Lebaran 2017.

“Kebanyakan yang mudik arah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pakai sepeda motor semua, nanti ada berbagai titik temunya,” kata Ketua komunitas BOI Syamsul Arif¬† di Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Syamsul mengatakan komunitas tersebut anggotanya lebih dari 3.000 orang dari 26 komunitas. Namun ia menjelaskan tidak semua mudik ke arah Jawa, beberapa ada yang ke Lampung.

Pada titik kumpul gelombang pertama mulai di posko BOI Bekasi (Patog Besi) berangkat pada jam 20.00 WIB. Konvoi tidak selalu beriringan sebab dikhawatirkan jadi penyebab macet.

Di sepanjang jalan sudah disepakati titik temu setiap hampir tiga jam perjalanan, agar tidak banyak tertinggal serta bisa mengetahui keadaan antaranggota.

Motor juga bervariasi jenisnya, tidak semua baru serta memiliki kapasitas mesin yang sama sehingga kecepatan tidak akan sama.

“Di jalan itu pasti ‘kepisah’, mungkin macet dan kendala lain, maka kita sudah tentukan titik temu bagi yang sudah duluan,” katanya.

Syamsul mengaku kebanyakan pemudik menuju arah Banyuwangi, Semarang dan Magelang. Semua anggota rata-rata bekerja di aplikasi ojek daring di daerah Jakarta serta sekitarnya.

Sedangkan alasan menggunakan motor dikarenakan lebih efisien dalam ongkos dan waktu. Menurutnya motor dinilai lebih cepat serta bisa menghindari jalur alternatif.

Selain itu, jika membawa motor, di kampung halaman akan lebih bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke sanak saudara.

Syamsul menekankan selalu menjaga kesehatan serta keselamatan dalam berkendara dan selalu istirahat di “rest area” yang sudah ditentukan. (antara)