Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Barack Obama Hadiri Forum Diaspora Indonesia di Jakarta

JAKARTA  (IndependensI.com) – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama direncanakan akan mengunjungi Indonesia pada akhir Juni 2017 ini. Kunjungan Obama ke Indonesia untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo untuk menghadiri acara Forum Diaspora Indonesia di Jakarta.

Selama di Indonesia,  Obama juga mengagendakan untuk mengunjungi beberapa daerah , salah satunya Keraton Yogyakarta dan Candi Prambanan.

“Namun  ini masih tentatif, itu penyampaian dari pihak Amerika Serikat,” kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Yulianto di Yogyakarta, Jumat (23/6/2017).

Menurut Yulianto, selain mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Candi Prambanan, Obama beserta rombongan juga direncanakan akan mengunjungi destinasi lainnya termasuk Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kedatangan Barack Obama ke Indonesia terkait dengan Forum Diaspora di Jakarta. Obama diundang oleh Presiden Joko Widodo untuk menghadiri acara tersebut. Namun sebelum menghadiri acara Forum Diaspora di Jakarta, Obama akan menghabiskan waktu di DIY dan Jateng mulai 28 hingga 30 Juni 2017.

Di bagian lain, Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas Mayor Samsul Maarif juga mengaku belum mendapat informasi pasti. Namun berdasarkan informasi yang ia terima bahkan Obama akan mengunjungi total lima destinasi di Yogyakarta dan Jateng termasuk Taman Tebing Breksi, Sleman. “Infonya total ada lima sasaran yang dikunjungi, termasuk satu lagi di Taman Tebing Breksi,” kata Samsul.

Samsul mengatakan kunjungan Mantan Presiden Amerika Serikat tersebut bukan dalam rangka kunjungan kenegaraan, melainkan sekadar untuk liburan bersama keluarga. “Kabarnya kami dengar sekadar liburan, bukan kunjungan kenegaraan,” kata dia.

Meski informasi tersebut masih perlu dikonfirmasi kembali, menurut Samsul pada intinya dari sisi pengamanan, pasukan dari Korem 072/Pamungkas siap terlibat.

Terkait pengamanan kedatangan Obama, pihaknya bersama jajaran lainnya akan menggelar rapat koordinasi pengamanan pada 27 Juni 2017. “Setelah Rakorpam nanti kami akan tahu sasaran persis yang akan dikunjungi Obama,” kata dia. (antara/kbn)