Tas Dicurigai Berisi Bom di Dekat Kampus IPB Bogor

BOGOR (IndependensI.com) – Sebuah tas dicurigai berisi bom ditemukan di dekat area Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/6/2017). Petugas keamanan langsung melakukan sterilisasi di lokasi ditemukan sebuah benda menyerupai tas diduga bom di depan Klinik Katili samping Bank Jabar Banten, Jl Raya Dramaga, Bogor tersebut.

Informasi bom tas di wilayah Dramaga tersiar pukul sekitar pukul 07.30 WIB. Saat ini kawasan tersebut sedang disterilisasi oleh petugas keamanan. Tim penjinak bom dari Brimob telah melakukan upaya evakuasi.

Lokasi di Jl Raya Dramaga dialihkan ke Kampus IPB. Pihak IPB pun meningkatkan pengamanan pascalaporan adanya benda menyerupai tas diduga bom yang terletak di Jl Raya Dramaga disamping Bank Jabar Banten tersebut.

Kepala Biro Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti menyebutkan, saat ini akses kampus terpaksa dibuka untuk mengalihkan kendaraan karena ada sterilisasi yang dilakukan tim kepolisian dalam mengevakuasi benda diduga bom tas. “Saat ini kampus dalam kondisi libur, karena kosong jadi kami meningkatkan keamanan dan kesiagaan,” katanya.

Menurut Yatri, laporan terkait bom ia terima dari kepala keamanan kampus yang meminta izin untuk memberikan akses kendaraan melintas di kampus sebagai jalur alternatif. “Karena Jalan Raya Dramaga diisolasi untuk sementara karena ada indikasi bom, tidak ada pilihan, kampus dibuka untuk jalur alternatif kendaraan yang mau ke arah Kota Bogor,” kata Yatri.

Yatri mengatakan, pihaknya masih menunggu keterangan dari kepolisian terkait indikasi bom tersebut. Ia juga tidak mengetahui indikasi bom ditujukan kepada siapa.
“Karena lokasi indikasi bom ada di luar area kampus dekat BJB, jadi kita belum tahu arahnya,” kata Yatri.

Yatri menambahkan saat ini aktivitas kampus libur menyambut Idul Fitri sehingga tidak ada pergerakan mahasiswa atau dosen di kampus. Namun demikian, pihaknya tetap meningkatkan penjagaan dan keamanan. ditemukannya benda mencurigakan menyerupai tas yang diduga bom diperkirakan berjarak kurang lebih 200 meter dari area Kampus IPB Dramaga.

Namun berdasarkan informasi terakhir yang dihimpun dari pihak keamanan, tas tersebut tidak terbukti berisi bom. Tas itu ternyata hanya berisi sampah plastik. Meski demikian, peristiwa tersebut sempat menghebohkan warga sekitar, bahkan menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat sedang antusias menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri.