Jokowi Hadiri Pertemuan G 20 di Hamburg

JAKARTA (IndependensiI.com) – Presiden RI Joko Widodo diapit oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Perancis Emmanuel Macron saat sesi foto bersama para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7/2017).

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam rilisnya mengatakan bahwa ketiganya berada di barisan depan bersama dengan sembilan pemimpin negara lainnya.

Kesembilan kepala negara di barisan terdepan itu, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel selaku tuan rumah yang berada di bagian tengah paling depan, diapit oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Argentina Mauricio Macri.

Sebelum sesi foto bersama, tampak Presiden Jokowi berbincang akrab dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sesi foto itu setelah para pemimpin negara peserta KTT G20 usai menghadiri “Leaders’ Retreat”.

Secara bergiliran, satu per satu kepala negara dan kepala pemerintahan berjalan menuju lokasi foto bersama.

Di sana, telah menunggu Kanselir Jerman Angela Merkel untuk menyambut secara langsung kedatangan para pimpinan negara 20 besar ekonomi dunia tersebut.

Usai sesi foto bersama, para kepala negara dan kepala pemerintahan langsung menuju Plenary Hall, Hamburg _Messe und Congress_, untuk melaksanakan sesi pertemuan yang mengambil tema pertumbuhan global dan perdagangan.

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Hamburg, Jerman, selain menghadiri KTT G20 juga melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lain yaitu Belanda, Amerika Serikat, Norwegia, dan Republik Korea.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/7/2017), menyebutkan pertemuan dengan Perdana Menteri Kerajaan Belanda Mark Rutte menjadi pembuka rangkaian kegiatan Presiden Jokowi di Hamburg, Jerman.

Selain itu, Jokowi juga melakukan pertemuan terbatas dengan sejumlah pengusaha dari berbagai perusahaan yang ada di Eropa, khususnya Jerman. Pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Steigenberger, sambil menikmati santap pagi.

Setelah itu, Presiden Jokowi akan berangkat menuju Hamburg Messe und Congress untuk mengikuti sesi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Sejumlah pertemuan bilateral akan mengapit kegiatan Presiden di sela sesi KTT G20, di antaranya pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phucey, Perdana Menteri Kerajaan Norwegia Erna Solberg hingga Presiden Republik Korea Moon Jae In.

Presiden Jokowi beserta rombongan sebagaimana dikutip Antara dijadwalkan lepas landas menuju Jakarta sekitar pukul 18.45 waktu setempat atau 23.45 WIB. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan diperkirakan tiba di Tanah Air, Minggu (9/7) petang.