Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim. (Jonder Sihotang}

PDAM Tirta Bhagasasi Bangun Jaringan Tingkatkan Pelayanan

BEKASI (IndependensI.com) – PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi bekerja sama dengan pihak swasta segera membangun perpiaan jaringan distribusi utama (JDU), guna mengembangkan cakupan pelayanan air di walayah Kecamatan Cikarang Selatan dan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

Ditergetkan, pipa JDU sepanjang 6,3 kilo meter (KM) itu dapat menyalurkan air dan melayani sedikitnya 97.500 sambungan langganan (SL). Di wilayah Cikarang Selatan dan Cibarusah, kini terdapat puluhan perumahan yang warganya membutuhkan air bersih.

“Saat ini airnya sudah tersedia 1.300 liter per detik hasil produksi PT Moya Indonesia yang bekerja sama dengan PDAM Tirta Bhagasasi,” ungkap Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim, belum lama ini.

Selain membangun pipa JDU oleh pihak ketiga, pihaknya juga akan menyediakan jaringan perpiaan transmisi, retikulasi dan pipa dinas sebagai jaringan pengantar kepada pelanggan.

Pembangunan JDU yang berbiaya cukup mahal itu, juga diakui Kepala Bagian Perencanaan Teknik (Pertek) dan Plt Kabag Humas PDAM Tirta Bhagasasi, Rika dan Yusmet.

Saat ini ia menambahkan, dari 1.300 liter kapasitas produksi PT Moya Indonesia, telah tersalurkan oleh PDAM 950 liter per detik di wilayah Cikarang Selatan, Cibarusah, Cikarang dan Lemahabang. “Jadi sisanya akan dimaksimalkan untuk penambahan pelayaan bagi warga di Cikarang Selatan dan Cibarusah,” ujarnya.

PDAM ini juga melakukan pengembangan cakupan pelayanan di wilayah Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi untuk 20.000 sambungan langganan dengan adanya penambahan kapasitas yang baru 200 liter perdetik. Peningkatan produksi di Babelan juga dilakukan kerjasama dengan pihak ketiga. (Jonder Sihotang)