Lion Air Group Jelaskan Soal Senggolan Pesawat Lion Air dengan Wings Air

JAKARTA (Independensi.com) – Pesawat Lion Air tipe Boeng 737-900 ER dengan nomor penerbangan  JT 197 yang melayani rute penerbangan dari Banda Aceh-Medan bersenggolan dengan pesawat ATR 72-500 maskapai Wings Air  dengan nomor penerbangan IW 1252 rute Medan-Meulaboh, Kamis (3/8/2017) di Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Pihak Lion Air membenarkan senggolan di bagian sayap antarsesama pesawat milik Lion Air Group. Senggolan tersebut terjadi. Senggolan terjadi antara maskapai Wings Air dengan pesawat Lion Air.

“Seluruh penumpang dipastikan selamat dan tidak ada yang mengalami cedera. Saat ini kedua pesawat tersebut sudah berada di apron sehingga tidak mengganggu operasional Bandara Internasional Kualanamu,” ujar Andy M. Saladin, Public Relations Manager Lion Air Group, Kamis (3/8/2017).

Andy menambahkan bahwa untuk penumpang Wings Air IW 1252 yang berjumlah 66 penumpang akan diberikan kebijakan full refund di tempat ataupun reschedule. Sementara untuk penumpang Lion Air JT 197 yang membawa 144 penumpang dari Banda Aceh menuju Medan dan memiliki penerbangan lanjutan menuju Kota lainnya akan diterbangkan menggunakan maskapai Lion Air Group lainnya yaitu Batik Air ataupun Lion Air di jadwal berikut nya pada hari yang sama.

“Kami akan menunggu hasil investigasi atas kejadian ini dari pihak yang berwenang yaitu KNKT,” tutup Andy.

Di bagian lain, sumber Independensi.com di Kemenhub menjelaskan bahwa meskipun manajemen Lion Air Group sudah menelaskan kronologi penyebabnya, namun instansi terkait tetap harus turun tangan, terutama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Sebelum ada pemeriksaan dari KNKT, maka pesawat tidak bisa dioperasikan. Bahkan, pesawat itu tidak bisa bergerak dari posisi ketika terjadi senggolan. (kbn)