Sekretaris Jenderal Partai Fretilin Mari Alkatiri (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Partai PLP, Taur Matan Ruak seusai pertemuan di Dili, Rabu (16/8/2017)

Partai Fretilin dan PLP Sepakat Koalisi Bentuk Pemerintahan Baru

TIMOR LESTE (IndependensI) – Sekretaris Jenderal Fretilin Marí Alkatiri bertemu dengan Presiden Partai PLP Taur Matan Ruak untuk berdiskusi tentang pembentukan pemerintahan baru. Pertemuan  berlangsung di Hotel Novo Turismo Dili-Timor Leste hari Rabu (16/8/2017) pukul 03.00 waktu setempat (Wtl).

Usai pertemuan, Sekretaris Jenderal Fretilin Marí Alkatiri mengatakan, hasil dari pertemuan tersebut mengeluarkan tiga opsi yakni Koalisi Pemerintahan, Insidensi Parlemen dan Pemerintahan Inklusive.
Namun dari hasil pertemuan tersebut Partai Fretilin dan PLP telah menyepakati koalisi antara ke dua partai tersebut.

Tentang hal-hal teknis menyangkut pembentukan pemerintahan ke-7, Marí Alkatiri mengatakan, pertemuan berikutnya akan mendiskusikan termasuk jabatan Perdana Menteri.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Presiden Partai PLP Taur Matan Ruak bahwa sepakat apa yang telah di sampaikan oleh Sekretaris Jenderal Fretilin Marí Alkatiri, bahwa koalisi antara Partai Pemenan dan Partai PLP.

Dan hari selanjutnya yaitu besok (17/8/2017) Partai Fretilin akan bertemu dengan Partai KHUNTO di tempat yang sama.

Sebelumnya, Presiden Repúblik Francisco Guterres Lu-Olo telah memanggil Presiden Partai CNRT Kay Rala Xanana Gusmão dan Sekretaris Jenderal Marí Alkatiri, tetapi pertemuan tersebut tertutup untuk Pers Publik. (AQA)