Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Jose Agustinho Da Silva berjabat tangan usai menandatangani MoU bidang transportasi

RI dan Timor Leste Lakukan Kerjasama Dalam Bidang Transportasi

JAKARTA (Independensu.com) Indonesia dan negara tetangga Timor Leste melakukan penandatangan Memorandum of Understanding dibidang transportasi udara dan sumber daya manusia.

Pendatanganan MoU dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Jose Agustinho Da Silva, di Jakarta Senin (21/1)

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti, Kepala BPSDM Kemenhub Umiyatun Hayati, Kepala Kabinet Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Alvaro Da Silva dan Presiden Civil Aviation Ana Rosalia Ximenes.

Tujuan kerjasama dimaksud adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, perdagangan, pariwisata dan sumber daya manusia antar kedua negara.

Apabila dikemudian hari ada peningkatan market demand kapasitas angkut kedua negara dapat dipertimbangkan untuk ditingkatkan.

Penandatanganan MoU antara Indonesia Dan Timor – Leste juga dibidang Pendidikan dan Pelatihan sektor transprotasi.

Hal tersebut guna meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sumber daya manusia di Timor Leste khususnya di sektor transportasi.

“Kementerian Perhubungan akan menyediakan program pendidikan dan pelatihan keahlian, sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan sesuai dengan kapasitas dan kewenangan serta kesepakatan kedua belah pihak,” tutur Menhub.

Sedangkan, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Republik Demokratik Timor Leste akan menyediakan peserta pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi.

Kerjasama Indonesia dan Timor Leste dibidang transportasi tidak hanya berhenti di penandatanganan MoU ini.

Untuk menjaga dan memperluas hubungan antar negara, kedua negara sepakat untuk bertemu kembali di masa mendatang untuk meninjau pelaksanaan penerbangan sesuai perkembangan di masing-masing Negara.