Ilustrasi (Dok/Ist)

Indonesia dan Thailand Bidik Final Beregu Putra

KUALA LUMPUR (IndependensI.com) – Setelah memenangkan laga perempat final melawan Kamboja dengan skor telak 3-0, tim bulutangkis putra Indonesia bersiap untuk menghadapi Thailand di babak semifinal SEA Games 2017. Partai ini merupakan ulangan final SEA Games 2015 di Singapura. Kala itu Indonesia menang lewat partai sengit dengan skor 3-2.

Sepeti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti mengatakan, pihaknya masih berembuk untuk menentukan siapa saja yang akan turun. Pada laga melawan Kamboja, Selasa (22/8), Indonesia menurunkan pemain-pemain terbaiknya, besar kemungkinan susunan ini kembali dimainkan. Hari ini tiga pemain tunggal, Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik dimainkan. Sedangkan di ganda putra ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Berry Angriawan/Hardianto.

“Thailand adalah tim yang cukup kuat, persaingan akan ketat di tiap nomor. Masing-masing pemain sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan lawan. Pokoknya kami harus fokus dalam persiapan, memang perlu keberanian dan kerja keras untuk ke final,” jelas Susy. “Kalau melihat peta kekuatan Thailand, di tunggal pertama akan seru. Kans kami di ganda lebih besar, mudah-mudahan semua sektor bisa memberikan kemenangan. Kami nggak mau muluk-muluk, nggak mau sebut skor berapa, yang penting menang dulu,” kata Susy.

Sama dengan tim Indonesia, Thailand pun hari ini menurunkan skuat terbaiknya dalam berhadapan dengan Vietnam. Tiga tunggal putra yang turun adalah Khosit Phetpradab, Suppanyu Avihingsanon dan Kanthapon Wangcharoen. Indonesia juga harus mewaspadai dua ganda Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh serta Bodin Issara/Nipitphon Puangpuapech. Laga semifinal antara Indonesia dan Thailand akan dimainkan Rabu (23/8) pada pukul 15.00 waktu Kuala Lumpur. Sedangkan pagi harinya pukul 09.00, tim putri Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah, Malaysia. (*)

Tim bulutangkis putra Indonesia menyusul tim putri ke babak semifinal SEA Games 2017 usai mengalahkan Kamboja dengan skor telak 3-0. Tiga pemain tunggal yang turun menyelesaikan tugas dengan baik. Kemenangan pertama diraih Jonatan Christie atas Chanmara Tep dengan skor 21-13, 21-13. Ihsan Maulana Mustofa menambah keunggulan timnya dengan mengalahkan Cheng Phrrom, 21-5, 21-3. Kemenangan tim ditentukan oleh Firman Abdul Kholik yang turun di partai ketiga. Firman juga menang straight game atas Sopheaktra Leng dengan skor 21-5, 21-6.

Firman yang turun di ketiga memang mengakui kalau lawan hari ini belum terlalu berat untuknya. Namun Firman bersyukur dirinya diturunkan di pertandingan hari ini, jika ia diturunkan lagi di laga semifinal melawan Thailand, maka ia punya bekal penyesuaian lapangan. Thailand melenggang ke babak semifinal setelah mengalahkan Vietnam, dengan skor 3-0. Di pool bawah, tim Malaysia mengantongi kemenangan 3-0 atas Laos. Sedangkan Singapura masih berjuang ke semifinal melawan Myanmar, saat ini kedudukan sementara 2-1 untuk keunggulan Singapura.