Debby Susanto (kiri) dan Praveen Jordan (Istimewa)

Praveen/Debby Lolos ke 16 Besar

JAKARTA (IndependensI.com) – Satu tempat di babak 16 besar BWF World Championships 2017 atau Kejuaraan Dunia berhasil diamankan oleh pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto. Unggulan ketujuh ini menundukkan rekan senegara sendiri, Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia dengan skor 21-13, 21-11, Selasa (22/8).

Meski menang dua game langsung, namun Praveen/Debby mengaku tak menerapkan strategi khusus dalam menghadapi Lukhi/Ririn, mereka hanya mencoba untuk berkonsentrasi dan konsisten fokus poin demi poin, serta menerapkan pola permainan mereka seperti biasa. “Kami cuma berpikir dari awal mau konsentrasi, tidak mau lengah, karena lawan teman sendiri juga nggak ada yang bisa dibilang gampang. Soal lapangan nggak ada masalah karena kami sudah dua kali uji coba lapangan sebelumnya,” jelas Debby seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

Pada laga selanjutnya, Praveen/Debby akan menantang wakil India, Pranaav Jerry Chopra/Sikki N Reddy. Kedua pasangan tercatat belum pernah saling bertemu.

Sementara itu empat wakil Indonesia berhasil melewati babak pertama. Laga bergengsi yang digelar di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia ini menampilkan pebulutangkis tunggal putri Lyanny Alessandra Mainaky menang straight game atas Kate Foo Kune (Mauritus), dengan skor 21-11, 21-16. Masih di sektor tunggal, Tommy Sugiarto juga lolos usai menekuk pemain senior asal Hong Kong, Hu Yun, juga dalam permainan dua game langsung, 21-16, 21-15.

Dua pasangan ganda campuran profesional mendapat kesempatan berlaga di ajang kejuaraan dunia tahun ini. Irfan Fadhilah/Weni Anggraini dari klub Jaya Raya, harus mengakui keunggulan pasangan Perancis, Ronan Labar/Audrey Fontaine, dengan skor 13-21, 21-11, 25-27.

“Di game pertama kami belum enak mainnya, beda dengan game kedua dan ketiga. Waktu poin-poin kritis kami terlalu terburu-buru ingin mematikan lawan. Sempat disayangkan juga padahal di game ketiga wasit sempat memberikan kartu merah ke lawan dan poin kami bertambah. Kemudian lawan protes dan wasit tidak jadi memberikan kartu merah dan poin batal kami dapatkan,” jelas Irfan.

Sedangkan pasangan Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia yang merupakan jebolan PB Djarum berhasil melaju ke babak kedua dengan mengalahkan Toby Ng/Rachel Honderich (Kanada) dengan skor 21-14, 23-25, 21-18. “Kami mengakui memang agak kendor di game kedua, kami sudah bisa memimpin perolehan angka, lalu bisa dikejar oleh lawan, kami jadi panik dan banyak melakukan kesalahan sendiri,” sebut Ririn.

Selain itu, pasangan ganda putra pelatnas, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro juga mengamankan tiket babak kedua dengan mengalahkan wakil Swedia, Richard Eidestedt/Nico Ruponen, dengan sko 21-15, 21-18.