Beli Hewan Kurban di Tempat yang Sudah Diberi Stiker Layak Konsumsi

JAKARTA – Hari Raya Idul Adha hanya tinggal dua hari lagi. Umat muslim di Jakarta terus berburu hewan yang terbaik untuk dijadikan kurban. Oleh karena itu, umat muslim diimabu membeli hewan kurban di lokasi yang sudah diperiksa oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) agar kesehatan dan kualitas hewan kurban terjamin.

Kasudin KPKP Jakarta Timur  Agung Priambodo mengatakan di wilayah Jakarta Timur saja terdapat 289 lokasi penjualan hewan yang sudah diperiksa, ditempeli stiker, dan dipasangi poster tanda tempat penjualan hewan tersebut sehat dan layak konsumsi.

Agung melanjutkan, hewan ditempat tersebut sudah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik hingga pengecekan untuk mengidentifikasi apakah hewan kurban terjangkit penyakit antrax atau tidak.

“Jadi kami sarankan masyarakat membeli hewan kurban di tempat penjualan yang sudah diperiksa. Di lokasi sudah kami beri poster dan stiker bahwa hewan di sini sehat, hewan layak kurban,” ujarnya, Rabu (30/8/2017).

Meski demikian dirinya tidak melarang warga Jakarta membeli hewan kurban diluar tempat tersebut. Hanya saja masyarakat harus jeli melihat kondisi fisik hewan tersebut.

Dia menjelaskan, hewan yang sehat dan layak kurban tidak cacat, seperti hanya memiliki satu tanduk dan satu biji zakar. Cek mata hewan kurban apakah terdapat kotoran atau tidak. Selain itu, hewan kurban yang layak kurban haruslah cukup umur seperti sudah memiliki gigi kupa (seluruh gigi sudah berganti).