Presiden Joko Widodo seusai menunaikan ibadah Sholat Idul Adha langsung blusukan di Kota Sukabumi, Jumat (1/9/2017)

Presiden Jokowi Janji Bangun Bandara Perintis di Sukabumi

SUKABUMI, JAWA BARAT (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo melakukan blusukan ke kampung-kampung di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat untuk menyambangi warga sekaligus menyerahkan hewan kurban di wilayah itu.

Berdasarkan berita yang dikutip dari Kantor Berita Antara, Jokowi blusukan ke Kelurahan Kebon Jati dan menyerahkan sapi kurban seberat 851 kilogram.

Selain itu Presiden juga menyaksikan pembagian 1.500 sembako berisi beras, minyak, kopi, teh dan gula bagi masyarakat sekitar. Setelah itu, Presiden juga menemui masyarakat di Kelurahan Tipar dan menyerahkan sapi seberat 1,1 ton kepada tokoh masyarakat.

Sejumlah warga ramai berkumpul menghampiri kendaraan Presiden mulai dari Kelurahan Kebon Jati hingga Kelurahan Tipar yang berdiri di sepanjang Jalan tipar. “Senang banget melihat Pak Jokowi ke kampung kami. Tapi sayang saya nggak bisa foto soalnya penuh banget sama warga,” kata seorang warga Kelurahan Tipar Ani Mirawati yang mendapatkan sembako.

Menurut Ani sebanyak 1.500 kupon sembako dibagikan hanya kepada janda dan orang jompo di kampungnya. Presiden juga tidak segan melayani permintaan foto bersama warga baik bapak-ibu hingga remaja.

Sebelumnya Jokowi telah menunaikan solat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka Sukabumi. Dalam sambutannya Presiden menjelaskan pemerintah akan membangun infrastruktur transportasi di Sukabumi seperti jalur ganda kereta api, tol Bocimi, dan rencana pembangunan bandara perintis.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi dengan menggunakan kereta api. Setibanya di Stasiun Sukabumi, Kamis, 31 Agustus 2017, Presiden Joko Widodo membagi-bagikan buku. Saat itu banyak masyarakat sekitar yang penasaran melihat Presiden.

Letak Stasiun Sukabumi ini tepat berada di tengah-tengah pasar tradisional. Jokowi saat tiba di Stasiun Sukabumi pada siang hari, pukul 13.00 WIB. Warga yang berada di pasar memang sedang banyak-banyaknya. Rombongan kepresidenan ini menambah kepadatan yang semakin menjadi-jadi.

Berdasarkan pantauan wartawan, warga yang berkerumun di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Presiden antusias karena presiden membagi-bagikan buku. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjalan di dekat mobil presiden terlihat ikut juga membagi-bagikan buku serta souvenir kepada warga yang berkerumun. Bagasi mobil Presiden saat itu memang diisi oleh buku dan berbagai souvenir untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat.