Pemain depan Belgia, Romelu Lukaku (kiri), merayakan kemenangan atas Yunani pada pertandingan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Senin (4/9/2017) dini hari WIB. (AFP)

Belgia Amankan Tiket Rusia 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Belgia menjadi tim Eropa pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Mereka mengamankan tiket menuju rusia setelah menundukkan Yunani 2-1 di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Senin (4/9/2017) dini hari WIB.

Ketiga gol terjadi dalam tempo lima menit di pertengahan babak kedua. Belgia membuka keunggulan lewat tendangan mendatar Jan Vertonghen yang menggetarkan jala Yunani di menit 70.

Gelandang kelahiran Portugal, Zeca, mencetak gol penyeimbang untuk tuan rumah di menit 73. Tapi hanya sekitar satu menit berselang, Belgia kembali unggul. Gol penentu kemenangan dicetak penyerang Manchester United, Romelu Lukaku, yang menyambar umpan Thomas Meunier dengan sundulan.

Kemenangan ini memantapkan posisi Belgia di puncak klasemen sementara Grup H. Tim asuhan Roberto Martinez mengoleksi 22 poin dari delapan pertandingan, unggul delapan angka atas rival terdektanya, Bosnia-Herzegovina. Yunani turun ke peringkat tiga dengan 13 poin.

Bosnia membuka peluang lolos ke putaran final setelah menang 4-0 atas Gibraltar. Edin Dzeko mempersembahkan dua gol masing-masing di menit 35 dan 85. Gol lain dihasilkan Kenan Kodro di menit 65 dan Senad Lulic di menit 83.

Sejauh ini baru lima tim yang sudah booking tempat di putaran final Piala Dunia 2018 yaitu Belgia, Brasil, Iran, Jepang, Meksiko, dan tuan rumah Rusia.