Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (AFP)

Jepang Ajak Dunia Tekan Korut

JAKARTA (IndependensI.com) – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengajak dunia memberi “tekanan sebesar mungkin” terhadap Korea Utara untuk menghentikan program peluru kendali nuklirnya.

“Masyarakat internasional harus bersatu menerapkan tekanan sebesar mungkin terhadap Korea Utara,” kata Abe di Vladivostok, Rusia, Kamis (7/9/2017).

Pernyataan itu disampaikan Abe hanya empat hari setelah Pyongyang menggelar uji coba nuklir keenam. Uji coba ledakan tersebut sejauh ini adalah yang terkuat dilakukan Korut. Pyongyang menggambarkan tes rudal itu berlangsung dengan “sukses besar”.

“Kita harus memaksa Korea Utara mematuhi semua resolusi Dewan Keamanan PBB secara utuh dan menghentikan semua program nuklir dan rudal balistik sepenuhnya, bisa diverifikasi, dan tidak mengulanginya lagi,” kata Abe.

“Korea Utara terus saja mengancam perdamaian, kesejahteraan, hukum, dan ketertiban di kawasan sekitarnya dan seluruh dunia,” ujarnya.

Pidato itu disampaikan Abe di sela-sela forum ekonomi di Rusia. Forum itu juga dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Pada Rabu, Washington mengusulkan embargo minyak terhadap Pyongyang dan pembekuan harta kekayaan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Korsel mendukung usul pemangkasan pasokan minyak ke Korut. Rusia menentangnya, sementara China merasa tindakan seperti itu justru akan membuat Korut semakin menjadi.