Sistem peluru kendali Patriot Israel yang ditempatkan di Haifa. Rudal seperti inilah yang menembak drone Hisbullah buatan Iran di Dataran Tinggi Golan, Selasa (19/9/2017). (Guardian)

Israel Tembak Jatuh Drone Hisbullah Buatan Iran

JAKARTA (IndependensI.com) – Israel menembak jatuh drone buatan Iran yang dikendalikan Hisbullah, Selasa (19/9/2017).

Militer Israel mengatakan pesawat nirawak tersebut disergap dengan peluru kendali Patriot saat memata-matai Dataran Tinggi Golan.

Drone tersebut diketahui lepas landas dari lapangan terbang militer Damaskus sebelum memasuki zona demiliterisasi dekat wilayah yang dikuasai Israel di Golan, kata juru bicara militer negara Yahudi itu, Jonathan Conricus.

“Kami menerbangkan jet tempur tapi tidak berhasil mencegat UAV (pesawat nirawak) itu. Pesawat tersebut ditembak jatuh dengan menggunakan satu rudal Patriot yang ditembakkan pasukan pertahanan udara Israel,” kata Conricus seperti dikutip kantor berita AFP.

Dia mengatakan drone tersebut masih diteliti apakah dipersenjatai atau tidak. Pesawat itu jatuh di kawasan penyanggah antara Israel dan wilayah Golan yang dikuasai Suriah.

Secara teknis, Israel dan Suriah masih berperang sejak pertikaian setengah abad silam. Namun Dataran Tinggi Golan relatif tidak tersentuh hingga meletusnya perang saudara di Suriah pada 2011.

Israel menguasai 1.200 kilometer persegi Golan dari Suriah lewat Perang Enam Hari pada 1967. Israel kemudian mencaplok seluruh kawasan dataran tinggi tersebut tapi tidak diakui masyarakat internasional.