Ilustrasi. Jambore Peternakan Nasional 2017: Presiden Akan Temu Wicara dengan Peternak. (Ist)

Kementan akan Fasilitasi Jambore Peternakan Nasional Tahun 2017

JAKARTA (Independensi.com) – Kementerian Pertanian akan memfasilitasi penyelenggaraan Jambore Peternakan Nasional Tahun 2017 untuk mendorong peningkatan peran dan kontribusi sub sektor peternakan demi memenuhi kebutuhan protein hewani asal ternak dan kesejahteraan peternak.

“Kegiatan ini akan digunakan sebagai salah satu wadah untuk melakukan konsolidasi antar pelaku usaha peternakan dalam mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan”, kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita, dalam keterangan persnya, Rabu (20/9).

Jambore Peternakan Nasional Tahun 2017 diinisiasi oleh peternak yang bergabung dalam Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dan diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur pada 22-24 September.

Tahun ini, acara tersebut mengangkat tema “Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Hewani” dan “Bangga Menjadi Peternak Indonesia”.

Selama tiga hari, jambore diperkirakan dihadiri sekitar 700 peternak dan pelaku usaha.

Acara puncak pada 24 September akan dihadiri Presiden Joko Widodo, yang akan mengadakan Temu Wicara dengan para peternak dan pelaku usaha peternakan.

Pemerintah dalam jambore tersebut akan memberikan penghargaan kepada pelaku usaha bidang peternakan demi meningkatkan motivasi mereka.Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia

“Saya juga berharap kepada para peternak agar melakukan pembenahan manajemen budidaya dan perbaikan teknis lainnya untuk menjadikan Indonesia sebagai sumber protein hewani. Selain itu juga kita dorong peternak-peternak kita untuk membentuk korporasi peternak supaya skala usahanya ekonomis”, kata dia. (Ant)