Pegolf Amerika Serikat, Patrick Reed dan Jordan Spieth, memperhitungkan arah bola sebelum melakukan putt pada hari pertama turnamen Presidents Cup di Liberty National Golf Club, New Jersey, AS, Kamis (28/9/2017). (AFP)

Tim Amerika Ungguli Tim Internasional di Presidents Cup

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim Amerika Serikat unggul dua angka atas tim Internasional pada hari pertama turnamen golf beregu Presidents Cup.

Amerika, yang menjuarai sembilan dari 11 turnamen sebelumnya, tidak buang-buang waktu untuk menarik keunggulan di Liberty National Golf Club, New Jersey, AS, Kamis (28/9/2017).

Mereka memenangi tiga duel pertama sebelum pegolf Afrika Selatan, Louis Oosthuizen dan Branden Grace, mempersembahkan satu angka untuk tim Internasional.

Pegolf Australia, Jason Day dan Marc Leishman, sempat mencatatkan 3-down sebelum unggul 1-up di lubang ke-16. Namun Day dan Leishman akhirnya hanya berbagi angka dengan Kevin Kisner dan Phil Mickelson pada pertandingan terakhir di hari pertama. Amerika bisa memenangi duel itu seandainya Mickelson tidak gagal putt di lubang ke-18.

Kekalahan di hari pertama ini adalah yang keenam kalinya berturut-turut dialami tim International.

Turnamen diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri tiga mantan presiden AS yaitu Barack Obama, George W Bush, dan Bill Clinton. Baru kali ini tiga mantan presiden menghadiri Presidents Cup sejak turnamen dua tahunan ini diluncurkan pada 1994.

Mantan presiden AS (dari kiri) Bill Clinton, George W Bush, dan Barack Obama berdiri saat dikumandangkannya lagu kebangsaan AS pada upacara pembukaan Presidents Cup di Liberty National Golf Club, New Jersey, AS, Kamis (28/9/2017).

Rickie Fowler dan Justin Thomas mempersembahkan kemenangan pertama untuk Amerika. Mereka mengalahkan pasangan Hideki Matsuyama (Jepang) dan Charl Schwartzel (Afrika Selatan) dengan skor 6 dan 4.

Jordan Spieth dan Patrick Reed menegaskan keunggulan Amerika. Mereka mengalahkan anggota baru tim Internasional, Kim Si-woo (Korea Selatan) dan Emiliano Grillo (Argentina).

Dustin Johnson dan Matt Kuchar sempat tertinggal di sembilan lubang pertama. Namun pasangan ini mampu bangkit untuk 1-up atas Adam Scott (Australia) dan Jhonattan Vegas (Venezuela). Berikutnya, Oosthuizen dan Grace mengalahkan Brooks Koepka and Daniel Berger dengan skor 3 dan 1.