Ilustrasi. (Dok/Ist)

Pebasket Asing Masih Dipertahankan

JAKARTA (IndependensI.com) – Klub bola basket Pacific Caesar Surabaya dan Aspac Jakarta mempertahankan pemain asingnya untuk bermain pada Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2017/2018 mendatang. Dalam draft pemain asing IBL yang berlangsung di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta, Senin (2/10), setiap tim hanya berhak merekrut dua pemain dengan maksimal salary cap yang tak lebih dari US$ 4.000 atau setara Rp54 juta, Pacific dan Aspac masing-masing memilih mempertahankan satu pemain asingnya musim lalu dan merekrut pemain anyar untuk musim ini.

Pacific memilih untuk mempertahankan David Seagers dan merekrut satu pemain baru yakni Kavon Lytch. Sedangkan Aspac Jakarta memakai dua pemain asing yang telah bermain di IBL musim lalu yaitu Dominique Williams dan Nate Barfield yang sebelumnya membela NSH Jakarta. Pihak Pacific mengaku mereka mempertahankan David Seagers karena gaya permainan sang pemain yang juga merupakan bintang 3×3 Amerika Serikat, itu cocok dengan tim asal Kota Pahlawan.

“Kami jujur saja butuh pemain raksasa di atas dua meter, akan tetapi kami pilih pemain yang memang cocok dengan gaya bermain kami dan Seagers cocok bagi kami. Sementara untuk pemain kedua kami pilih opsi utama yaitu Lytch yang juga rekan Seagers di tim USA dengan harapan mereka langsung siap kontribusi,” ujar Manajer Pacific Surabaya Irsan Santoso seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/10).

Di lain pihak, tim Aspac mengaku mempertahankan Dominique Williams karena selain bisa “nyetel” dengan gaya permainan mereka, juga karena sang pemain bisa membantu pemain lokal untuk sama-sama maju. “Kami mempertahankan Dominique karena melihat adalah bagaimana mereka bisa membuat maju para pemain lokal juga, jika tidak ya buat apa, selain tentunya komunikasi berjalan baik dan sesuai dengan strategi yang dimiliki, ini juga yang kami harapkan untuk pemain kedua kami Nate Barfield,” kata Pemilik tim Aspac Jakarta, Irawan Haryono atau yang akrab disapa Kim Hong.

Dengan adanya kedua pemain tersebut, Kim Hong tidak mau jumawa dengan memasang target tinggi di musim 2017/2018. Menurutnya, semua tim dengan pemain-pemain asingnya memiliki modal yang sama untuk merebut juara di akhir musim. “Dengan ada pemain asing seperti ini persaingan saya rasa semakin berimbang dan tidak ada jaminan tim papan atas mudah atau bahkan sanggup mengalahkan tim papan bawah, terlebih aturan tahun ini di mana tim di urutan paling bawah bisa memilih pemain pertama kali. Musim ini akan luar biasa,” tuturnya menambahkan.

Adapun hasil Lengkap Draft IBL 2017/2018 adalah sebagai berikut: Satya Wacana Salatiga: De’angelo Hamilton, Madarious Gibbs Bima Perkasa Yogyakarta: Emilio Parks, Anthony McDonalds Hangtuah Sumatra Selatan: Nashon George, Keenan Palmoore Siliwangi Bandung: Anthony Jones, Willie Kemp Garuda Bandung: Roderick Flemings, Ashton Gibbs Pacific Caesar: David Seagers, Kavo Lytch Aspac Jakarta: Dominique Williams, Nate Barfield Pelita Jaya: Wayne Bradford, Merril Holden Satria Muda: Kevin Bridgewater, Dior Lowhorn