Featured Video Play Icon

Ketua MPR RI Zulkifly Hasan “Memuji-Muji Habis” Proyek Meikarta, Ada Apa?

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) Zulkifly Hasan memuji proyek properti milik Lippo Group di Cikarang Jawa Barat yakni  Kawasan Hunian Meikarta. Padahal, belum lama ini, proyek hunian Meikarta yang dipromosikan secara besar-besaran di sejumlah media massa tersebut mendapat sorotan dari berbagai pihak, karena belum mendapatkan sejumlah perijinan dari Pemda Jawa Barat.

Meski belum mendapatkan perizinan, namun pihak pengembang Meikarta sudah menjual ke konsumen. Menurut salah satu Tim Marketing Meikarta, penjualan unit apartemen dan hunian lainnya di Kawasan Hunian Meikarta sudah diatas 20.000 an unit dalam satu bulan lebih dipasarkan. Masyarakat begitu antusias sekalipun belum ada perizinan. Dengan sudah banyaknya pembeli, maka Pemda Jawa barat tidak mungkin tidak mengeluarkan perizinan.

Kasus perizinan belum tuntas seperti pengembang Group Lippo ini sudah banyak terjadi, termasuk dilakukan  oleh pengembang lain yakni dengan cara mendikte Pemda. Karena itu, Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) secara nasional, provinsi, kabupaten di negeri ii kacau. Karena pengusaha bisa mendikte pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Intinya, apa yang diinginkan pengusaha harus bisa dipenuhi oleh pemerintah, kalau tidak maka pemerintah dianggap tidak benar.

Akan halnya pujian yang disampaikan oleh Ketua MPR Zulkifly Hasan menimbulkan pertanyaan di masyarakat.  “Apa perlunya Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memuji dan mengomentari Meikarta, bahkan mengklarifikasi informasi negative tentang perizinan Meikarta. Saya kira itu bukan tugasnya Ketua MPR RI,” kata seorang warga bernama Mangasa kepada Independensi.com, Rabu (4/10/2017).

Apakah pernyataan Zulkifly Hasan tentang Meikarta itu sebagai Ketua MPR atau sebagai bintang iklan untuk Meikarta? Apalagi, pernyataan Ketua MPR Zulkifly Hasan dalam video itu kini oleh marketing Meikarta dijadikan alat untuk meyakinkan publik untuk membeli hunian di Meikarta. “Soal perizinan pasti bereslah, tidak mungkin tidak keluar. Group Lippo sudah berpengalaman puluhan tahun menjadi pengembang,” kata salah seorang Sales Execitive Meikarta.

Dalam video yang berdurasi sekitar sekitar 40 detik tersebut Ketua MPR RI Zulkifly Hasan menyampaikan semacam klarifikasi tentang komentar miring seputar proyek hunian Meikarta.

Di bawah ini pernyataan lengkap Ketua MPR Zulkifly Hasan tentang Meikarta sebagaimana dikutip IndependensI.com dari Video yang dikirimkan Marketing Meikarta.

Kalau ada yang masih ramai tentang Meikarta, datang dulu kemari. Biar tidak salah paham, apalagi pahamnya salah. Datang dulu,  lihat apa yang terjadi, lihat apa yang dikerjakan. Lihat bagaimana lingkungannya,  baru saya kira komentarnya akan pas. Saya sendiri telah menyaksikan di Jakarta dan Jawa Barat. Mungkin di Jawa Tengah dan di Jawa Timur. Rancangan permukiman yang memperhatikan lingkungan yang terbaik, saya kira di Meikarta,” .  (kbn)