Gelandang Jerman, Sebastian Rudy (kiri), merayakan golnya bersama bek Joshua Kimmich pada kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Irlandia Utara di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Jumat (6/10/2017) dini hari WIB. (AFP)

Inggris dan Jerman “Booking” Tempat di Rusia 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Inggris dan Jerman memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan lawannya masing-masing pada kualifikasi Zona Eropa, Jumat (6/10/2017) dini hari WIB.

Juara bertahan Jerman meraih tiket Rusia 2018 setelah mengalahkan Irlandia Utara 3-1. Inggris menang 1-0 atas Slovenia untuk mengamankan langkahnya ke putaran final tahun depan.

Sebastian Rudy dan Sandro Wagner mempersembahkan gol cantik untuk “Mannschaft” pada babak pertama pertandingan di Belfast. Joshua Kimmich melengkapi dominasi tim asuhan Joachim Loew. Sukses di laga tandang ini menjadi kemenangan kesembilan Jerman dari sembilan pertandingan kualifikasi Grup C.

Jerman, yang sudah empat kali meraih Piala Dunia, juga memperpanjang rekor tak terkalahkan di kualifikasi Piala Dunia menjadi total 47 pertandingan sejak 1934.

“Kami siap berangkat ke Rusia! Kami mau mempertahankan gelar juara Piala Dunia,” kata Rudy, gelandang Bayern Munich yang baru kali ini bikin gol buat tim nasional.

Irlandia Utara, yang memperkecil kekalahan lewat gol Josh Magennis, masih berpeluang lolos lewat play-off bulan depan. Irlandia Utara terakhir kali lolos ke turnamen sepakbola antarnegara itu pada 1986.

Penyerang Inggris, Harry Kane (kedua kiri), dan rekan-rekannya merayakan gol ke gawang Slovenia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Wembley, London, Inggris, Jumat (6/10/2017) dini hari WIB.

Di London, Harry Kane kembali memperlihatkan peran pentingnya buat “Three Lions”. Kane mempersembahkan satu-satunya gol di Wembley dengan menjebol gawang Slovenia sekitar empat menit memasuki injury time.

Tim asuhan Gareth Southgate sempat frustrasi karena sulit menembus pertahanan tim tamu. Untungnya Kane mampu memaksimalkan Kyle Walker untuk mencetak golnya yang ke-14 dalam sembilan pertandingan terakhir bersama klubnya dan tim nasional.

Inggris lolos ke putaran final Piala Dunia untuk keenam kalinya berturut-turut. Tapi setelah susah payah menglahkan Slovenia, Southgate punya banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan sebelum berangkat ke Rusia.

“Saya belum merasa lega. Saya selalu yakin bahwa kami bsia mencapai tujuan (lolos). Malam ini kami membuktikannya. Tapi saya tahu betul masih banyak yang perlu dibenahi,” kata Southgate seperti dikutip kantor berita AFP.

“Kami punya pemain yang bisa bikin gol. Tapi kami tetap harus kerja keras. Lolos ke Piala Dunia sudah tercapai, kini kami harus berbuat lebih banyak lagi,” ujarnya.