Kondisi jalan tol Jakarta-Cikampek. (foto:jonder sihotang)

79 Persen Pengguna Jalan Tol Pakai Kartu Non Tunai

BEKASI (IndependensI.com) –  Pengguna jalan tol yang sudah menggunakan kartu non tunai hingga kini sudan sekitar 79 persen. Dipastikan, awal November tidak ada lagi pengguna jalan tol yang tidak menggunakan transaksi elektronik.

Sejalan dengan program pemerintah dan Bank Indonesia untuk meningkatkan gerakan nasional non tunai (GNNT) dalam bentuk elektronifikasi jalan tol, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan memberikan  penghargaan kepada pengguna jalan tol yang telah menggunakan transaksi elektronik dimana saat ini penetrasi telah mencapai 79 persen  rata-rata nasional untuk Jalan Tol milik Jasa Marga.

Kepada pengguna jalan yang belum menggunakan transaksi elektronik, BUJT dan Perbankan secara bersama-sama, akan memberikan insentif, agar mempercepat pengalihan ke transaksi elektronik.

Insentif diberikan dalam bentuk diskon, dimana BUJT dan Perbankan masing-masing memberikan diskon Rp 10.000,- untuk pembelian kartu perdana. Dengan demikian total diskon kartu perdana yang diberikan adalah sebesar Rp 20.000.

Dengan adanya diskon Rp 20.000,-tersebut, ketika melakukan pembelian kartu perdana, maka konsumen tidak perlu membayar harga kartu perdana dan cukup membayar jumlah rupiah yang sama dengan saldo yang konsumen dapatkan.

Periode berlakunya penawaran ini adalah 16 Oktober 2017 – 31 Oktober 2017. Program ini lebih ditujukan kepada mereka yang belum memiliki kartu uang elektronik, sehingga bagi yang sudah memilki diimbau untuk tetap menggunakan kartu yang sudah dimilikinya,  dan menggunakan kartunya secara berkala dengan top up saldo melalui channel top up yang sudah disediakan oleh masing-masing bank penerbit uang elektronik.

Diharapkan melalui program insentif ini 21 perasen  pengguna jalan tol dapat segera berpindah menggunakan transaksi elektronik, sehingga pada akhir Oktober karena target Pemerintah untuk 100 persen  transaksi elektronik di jalan tol dapat tercapai, ujar AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Persero Tbk, Dwimawa Heru Santoso dan Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Handoyo, kemarin. (jonder sihotang)