Ilustrasi. (Dok/Ist)

Baveti Gelar Turnamen Internasional

JAKARTA (IndependensI.com) – Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) akan menyelenggarakan turnamen tenis senior internasional perdana di Indonesia bertajuk “Indonesia International Men’s Senior Tennis Championship (IIMSTC) 2017” pada 18-22 Oktober 2017.

“IIMSTC yang akan digelar di lapangan tenis Hotel Sultan Jakarta ini, untuk pertama kalinya bagi Indonesia menggelar turnamen internasional yang mencerminkan kepercayaan Federasi Tenis Internasional (ITF),” kata Ketua Umum PP Baveti Theo Sambuaga seperti dikutip Antara, Senin (16/10). Turnamen senior internasional ini, lanjut Theo, memiliki kategori Grade 5 dalam kalender kompetisi ITF Seniors yang menjadi ajang para petenis senior nasional dan internasional untuk mempererat semangat kebersamaan, menguji keterampilan dan bertukar pengalaman.

Ditargetkan, turnamen ini akan diikuti 225 orang peserta dari 20 provinsi di Indonesia dan juga yang datang dari mancanegara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang, China serta India, untuk memperebutkan total hadiah sebesar US$ 7.200.

Di tempat yang sama, Direktur Turnamen Ferry Raturandang menjelaskan turnamen tenis senior ini akan mempertandingkan nomor tunggal dan ganda khusus sektor putra dengan kelompok umur 40+, 45 tahun, 50 tahun, 55 tahun, 60 tahun dan 65 tahun. Pihak Baveti mengharapkan turnamen ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendorong perkembangan prestasi tenis Tanah Air, dengan menularkan semangat yang dimiliki para pemain veteran itu sendiri, terlebih Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Di luar negeri, penonton turnamen senior itu banyak pemain junior, mereka melihat pelatihnya dan mantan-mantan petenis, itu salah satu cara mereka untuk menularkan semangat pada para junior agar terus berlatih, kami harap turnamen ini juga demikian yang bisa membantu menumbuhkan semangat para pemain di Asian Games juga,” tutur Ferry.

Turnamen tenis senior internasional itu rencananya secara resmi akan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pada pukul 08.00 WIB, Rabu, 18 Oktober 2017. Selain pertandingan turnamen tenis veteran, dalam kejuaraan juga akan digelar pertandingan eksibisi yang melibatkan sejumlah tokoh seperti Aburizal Bakrie, Tanri Abeng, Theo L Sambuaga, EE Mangindaan, Archandra Tahar, Rildo Ananda Anwar, Zulkifli Hasan dan Lucky Djanggola.