Kementerian PUPR akan Menata Bukit Cinta

SEMARANG (IndependensI.com) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengembalikan fungsi Danau Rawa Pening tidak hanya melalui pembersihan eceng gondok, namun akan mengembangkan kawasan sekitarnya menjadi tujuan wisata kebanggaan Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

“Penanganan danau dilakukan dengan serius, karena memberikan manfaat  yang sangat besar. Biaya penanganannya lebih murah dibandingkan pembangunan bendungan baru. Danau atau waduk bila didiamkan akan mati karena proses alami seperti terjadinya sedimentasi.

Apa yang kita lakukan untuk memperpanjang umurnya,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat hadir sebagai pembicara dalam Dialog Nasional dengan tema Sukses Indonesiaku di Museum Kereta Api, Ambarawa, Jawa Tengah, Minggu (15/10/2017).

Acara yang dihadiri oleh masyarakat Ambarawa, termasuk yang tinggal di sekitar Danau Rawa Pening menghadirkan pembicara lainnya yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank BTN Maryono dan dimoderatori oleh penyanyi Didik Kempot.

Kawasan yang akan dikembangkan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya yakni Bukit Cinta sebagai salah satu lokasi favorit wisatawan di Danau Rawa Pening. Melalui bukit itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan elok danau, khususnya saat sore. Bukit ini juga menjadi favorit pengunjung untuk swafoto terlebih adanya wahana Gembok Cinta.

Memasuki kawasan danau, pengunjung juga dapat memancing ikan, berperahu mengelilingi danau melihat eloknya pemandangan Gunung Merbabu serta Gunung Telomoyo. Selain pariwisata, danau ini memiliki peran penting sebagai sumber air bagi irigasi, pembangkit listrik di Sungai Tuntang, perikanan air tawar, dan pengendalian banjir.

Penataan yang akan dilakukan mulai dari bangunan pintu masuk, perbaikan dermaga, plaza dermaga, pedestrian, ruang terbuka hijau Bukit Cinta, dan drainase. Disamping itu akses menuju Danau Rawa Pening nantinya juga akan semakin cepat dan mudah dengan kehadiran beberapa proyek jalan seperti pembangunan jalan tol Bawen-Magelang-Jogja, peningkatan kualitas jalan kawasan metropolitan Jogja-Solo-Semarang (Joglo Semar), peningkatan jalan lingkar rawa, pengembangan kawasan dan desa wisata Bukit Cinta dan sekitar danau.

Dalam acara tersebut, turut hadir anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soedjono. Sementara mendampingi Menteri Basuki yakni Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana Ruhban Ruzziyanto, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional VII Herry Marzuki, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S.Atmawidjaja.