Logo Asian Games 2018. (Dok/Ist)

Cabang Rugbi Gelar “Test Event”

JAKARTA (IndependensI.com) – Turnamen uji coba (test event) menyambut Asian Games 2018 cabang olahraga rugbi yang digelar pada tanggal 25-26 Oktober 2017 akan diikuti peserta dari 12 provinsi. “Test event besok akan diikuti peserta dari 12 provinsi, mereka diantaranya 11 tim putra dan tujuh tim putri yang terbagi dalam dua pool,” kata Sekretaris Jenderal Persatuan Rugbi Union Indonesia (PRUI) Iswahyuhdi seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/10).

Turnamen uji coba yang akan dilangsungkan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta tersebut, akan memakai format Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Iswahyudi mengatakan Kejurnas tersebut sendiri merupakan ajang seleksi nasional (seleknas) tim nasional Rugbi yang memberikan kesempatan pada para pemain untuk dimasukan tim Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).

“Ini adalah ajang untuk seleksi timnas. Kuotanya kami minta adalah 16 untuk pelatnas. Namun memang kuota yang ditetapkan Surat Keputusan Satlak Prima itu jumlahnya 12. Jadi kami nanti tes sendiri bikin kedepannya untuk pelatnas,” ujarnya. Dia menambahkan, untuk waktu pertandingan akan berlangsung 2X7 menit dengan dua menit waktu istirahat. Sedangkan jika final waktu lebih lama yakni 2X10 menit dengan tiga menit waktu untuk istirahat.

Diketahui, cabang olahraga rugbi baru pertama kali dimainkan di pesta olahraga multi cabang negara-negara Asia (Asian Games) pada 2018 mendatang. Tim rugbi sendiri belum dikabarkan dibebani target medali dari Asian Games. Akan tetapi, kekuatan rugbi Indonesia sendiri sudah mulai di perhitungkan. Pada kejuaraan Asia di India, beberapa waktu lalu, rugbi Indonesia mampu mengalahkan Nepal. Bahkan, tim putri di luar dugaan mampu menempus peringkat 12 di Asia.