Pemain dan pelatih Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri) dan Zinedine Zidane, berfoto bersama dengan trofi masing-masing usai menerima penghargaan dari FIFA di London Palladium, London, Inggris, Senin (23/10/2017) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB. (AFP)

Ronaldo Terbukti Masih yang Terbaik

JAKARTA (IndependensI.com) – Cristiano Ronaldo agak melempem musim ini tapi dia masih dipandang sebagai pemain sebakbola terbaik dunia.

Bintang Real Madrid dan tim nasional Portugal itu dinobatkan FIFA sebagai Pesepakbola Putra Terbaik 2017 di London, Senin (23/10/2017) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB. Sepanjang tahun ini, Ronaldo sudah mengoleksi 44 gol dalam 48 pertandingan untuk klub dan negaranya.

Salah satu penampilan terbaik Ronaldo adalah final Liga Champions 2016-2017. Pada pertandingan di Cardiff, 3 Juni 2017, Ronaldo bikin dua gol ke gawang Juventus untuk memastikan Real Madrid menang 4-1 dan meraih trofi juara.

Ronaldo mengalahkan musuh besarnya, pemain depan Barcelona asal Argentina, Lionel Messi, dan pemain Brasil yang kini memperkuat Paris Saint-Germain, Neymar.

Buat Ronaldo, gelar kali ini adalah yang kelima diraihnya. Meski sudah meraih sukses bersama Manchester United dan Madrid, bintang iklan shampoo itu belum puas.

“Saya mau tujuh (trofi). Lima sudah bagus tapi tujuh adalah angka keberuntungan saya, jadi tujuh pasti keren,” kata Ronaldo.

Real Madrid, yang juga menjuarai Liga Spanyol musim lalu, mendominasi penghargaan FIFA. Pelatihnya, Zinedine Zidane, terpilih sebagai Pelatih Terbaik 2017. “Los Galacticos” juga menempatkan lima pemainnya di Tim Terbaik pilihan FIFPro.

Ronaldo adalah peraih pertama penghargaan Pesepakbola Putra Terbaik FIFA yang dibagikan mulai tahun lalu. Penghargaan ini diberikan setelah kesepakatan enam tahun FIFA dan majalah France Football dalam pemberian Ballon d’Or (Bola Emas).

Ronaldo juga sudah meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 2008. Pemain berusia 32 tahun itu meraih dua penghargaan terakhir FIFA, juga tiga dari empat Ballon d’Or terakhir.

“Terima kasih sudah memilih saya,” kata Ronaldo setelah menerima trofi dari legenda Argentina, Diego Maradona, dan mantan peman Brasil, Ronaldo, di London Palladium.

“Saya melihat Leo dan Neymar. Senang melihat mereka hadir di sini. Para pendukung Real Madrid, rekan satu tim, pelatih, mereka semua sudah mendukung saya sepanjang tahun ini.”

“Kita semua berada di Inggris untuk pertama kalinya dan saya kembali meraih penghargaan. Ini momen bersejarah buat saya. Saya punya penggemar di berbagai penjuru dunia.”

Zidane menerima penghargaan mengalahkan pelatih Chelsea, Antonio Conte, dan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Zidane menjadi orang pertama yang berhasil membawa satu klub mempertahankan gelar juara di era Liga Champions.

“Saya berterima kasih kepada semua pemain yang sudah membuat ini semua terwujud. Penghargaan ini amat istimewa buat saya,” kata Zidane.

Pemain Real Madrid lain yang dipilih FIFPro mengisi dream team adalah Toni Kroos, Luka Modric, Marcelo, dan Sergio Ramos.

Tim impian ini juga mencakup Kiper Terbaik FIFA Gianluigi Buffon. Pemain lain yang masuk daftar adalah Leonardo Bonucci (AC Milan), Dani Alves, Neymar (PSG), Andres Iniesta, dan Messi (Barcelona).