Hanna Ramadini. (Istimewa)

Tujuh Wakil Lolos ke Babak Kedua

PARIS (IndependensI.com) – Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menggenapi tujuh pebulutangkis Indonesia yang lolos ke babak kedua French Open Super Series 2017. Pasangan ganda putri Indonesia ini melenggang dengan menaklukkan wakil Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, dengan dua game langsung, 21-17, 21-8, Rabu (25/10) waktu setempat atau Kamis (26/10) WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Greysia/Apriyani sempat ketinggalan di game pertama, walaupun akhirnya menang telak pada game kedua, saat keduanya mengubah pola permainan. “Waktu poinnya ketat dan mereka unggul, kami langsung mengubah pola permainan. Kami tidak memaksa untuk mengarahkan shuttlecock ke atas terus, tetapi mencoba lebih tenang,” ujar Greysia seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

Di babak kedua, Greysia/Apriyani akan dipertemukan kembali dengan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang). Pada pertemuan pertama di Korea Open Super Series 2017, Greysia/Apriyani menang dengan skor 14-21, 21-17, 21-13. “Melawan Fukushima/Hirota, ya harus siap lagi. Kalau ketemu pasangan Jepang harus semangat pokoknya. Yang pasti tidak ada pemain yang mau kalah,” tambah Greysia.

Sebelumnya, skuad Merah-Putih sudah meloloskan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto dari ganda campuran, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra, serta Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra.

Sementara itu, Hendra Setiawan yang berpasangan dengan Tan Boon Heong (Malaysia), dihentikan unggulan ketujuh, Lee Jhe-Huei/Lee Yang (Taiwan), dengan skor 19-21, 15-21. Jonatan Christie juga tak dapat melanjutkan langkahnya usai ditekuk Wong Wing Ki Vincent (Hong Kong), dengan skor 21-14, 13-21, 16-21.

Dari kelompok putri, pemain muda Hanna Ramadini menang atas Evgeniya Kosetskaya asal Rusia dengan skor 21-16, 24-22. Hanna terlihat cukup kewalahan menghadapi permainan Kosetskaya di game kedua. Perolehan poin pun cukup ketat. Kosetskaya bahkan lebih dulu mencetak game point 20-19. Saat berhasil menyamakan kedudukan 20-20, Hanna belum juga bisa menyelesaikan permainan. Serangan demi serangan terus dilancarkan Hanna ke pertahanan lawan. Tampil dengan tenang, Hanna akhirnya merebut game kedua.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa menang. Di game kedua saya mengubah cara main, tetapi malah lawan saya cocok dengan pola yang saya terapkan,” jelas Hanna, pemain asal klub Mutiara Cardinal Bandung. “Walaupun menang dua game langsung, saya merasa belum keluar semua permainannya. Semoga besok saya bisa mengeluarkan semua kemampuan saya,” tambahnya.

Hanna sudah ditunggu pemain asal Tiongkok, Chen Yufei, di babak kedua. Kedua pemain tercatat belum pernah saling berhadapan. Hanna menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia yang lolos ke babak kedua. Sebelumnya, Dinar Dyah Ayustine terhenti di tangan Saena Kawakami asal Jepang 11-21, 16-21.