Andrea Dovizioso. (Istimewa)

Dovizioso Raih Kemenangan di Sepang

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Andrea Dovizioso memenangi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10). Kendati hujan deras mengiringi balapan, tidak membuat gentar Dovizioso menyentuh finis tercpat. Sedangkan pembalap Honda, Marc Marquez harus tertunda untuk merayakan sukses sebagai juara dunia, menyusul posisinya yang finis di posisi empat.

Dovizioso asal Italia, mengungguli rekan setimnya Jorge Lorenzo dengan empat lap tersisa untuk mengamankan kemenangan keenamnya musim ini di Sirkuit Sepang, dan membuat Ducati finis di posisi satu-dua untuk pertama kalinya tahun ini. Johann Zarco meraih posisi ketiga untuk tim Yamaha non pabrikannya, menggunakan ban belakang yang lunak sampai finis, membuat frustrasi Marquez yang berharap dapat mengunci gelar MotoGP keempatnya dengan satu balapan tersisa.

Kemenangan Dovizioso kelihatannya akan menunda kesuksesan Marc yang menjadi pemuncak klasemen untuk dua pekan lagi. Dia mencatat keunggulan 21 poin atas Dovizioso. Balapan terakhir di Valencia baru menjadi pentahbisan Marc sebagai juara dunia. Itupun bila tidak melakukan kesalahan. Dengan demikian, peluang masih terbuka untuk pembalap asal Italia ini. Dovizioso tidak menyia-nyiakan peluangnya untuk meraih gelar perdana. “Semuanya dapat terjadi sepanjang akhir pekan, dan Anda tidak pernah tahu mengenai cuaca,” ucap Dovizioso saat jumpa wartawan usai penganugerahan trofi.

Dovizioso start dari posisi ketiga di grid di belakang penghuni “pole position” Dani Pedrosa, sampai Marquez kemudian mengambil alih posisi pemimpin balapan dengan start brilian dari posisi ketujuh. Bagaimanapun, ia terpaksa berbelok melebar, dan kemudian segera bangkit untuk menduduki posisi ketiga di bawah Zarco dan Lorenzo. Dovizioso menjalani start dengan gerakan terkasarnya, namun mampu menyalip Marquez di lap keempat dan meredam pebalap Spanyol itu setelahnya.

Lorenzo melakukan gerakannya terhadap Zarco pada pertengahan balapan selama 20 lap itu, dan Dovizioso mengikutinya beberapa saat kemudian, membuat kedua pebalap Ducati itu untuk berduel demi meraih kemenangan. Dengan Marquez mempertahankan posisi keempat di belakang Zarco, Dovizioso perlu bersaing dengan rekan setimnya yang merupakan juara dunia tiga kali itu untuk memastikan persaingan perebutan gelar dilanjutkan di Valencia.

Sementara itu Dani Pedrosa finis di posisi kelima untuk Honda, mengungguli Danilo Petrucci yang membela tim non pabrikan Ducati. Sedangkan pembalap legendaris asal Italia Valentino Rossi finis di peringkat ketujuh dengan sepeda motor Yamahanya.