Ilustrasi banjir di Jakarta. (Istimewa)

Soal Banjir, Anies-Sandi Andalkan Armabar

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam mengantisipasi dan penanganan banjir serta bencana alam lainnya yang mengintai Kota Jakarta dalam musim penghujan saat ini, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno bukannya melakukan tindakan nyata dan strategis, melainkan malah melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam penanggulangannya,

Keduanya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Muda TNI Aan Kurnia di Markas Koarmabar Jakarta Pusat, pada Rabu (15/11). Hal ini dilakukan sebagai langkah sinergis serta kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

“Kami bersilahturahmi ke Panglima Koarmabar, kami secara resmi memperkenalkan diri sekaligus meneruskan kerja sama yang sudah terbangun,” kata Anies seperti dikutip Antara. Selama ini Armabar telah banyak memberikan kontribusi terhadap Jakarta, terlebih beberapa penanganan bencana yang membutuhkan tindakan cepat dan responsif, katanya.

Anies mengatakan, Panglima Armabar sangat responsif terhadap masalah yang ada di Jakarta seperti contohnya banjir sehingga beberapa bulan ke depan ini akan menjadi momentum kerja bersama lebih baik lagi.

Sementara itu Panglima Armabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia menyampaikan kesanggupannya untuk membantu Pemprov DKI terutama masalah yang berhubungan dengan kelautan atau bencana alam akibat air. “Suatu kehormatan Gubernur dan Wagub berkunjung ke sini, saya siap membantu Pemprov DKI terkait masalah air, Armabar juga ingin mendukung dan membantu masyarakat Jakarta,” kata Aan.

Lebih jauh Aan mencontohkan, penanganan dan antisipasi bencana yang mungkin akan datang dalam beberapa bulan ke depan disebabkan oleh cuaca ekstrim yang melanda wilayah ibukota. “Kita akan meningkatkan alert sehingga musibah atau insiden kelautan maupun perairan dapat dicegah dan diatasi,” katanya.