Indonesia Terpilih Kembali Jadi Anggota IMO 2018-2019

Loading

LONDON (IndependensI.com) – Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C untuk periode 2018-2019 dalam sidang yang berlangsung di Markas Besar IMO di London, Inggris, Jumat (1/12/2017).

Dubes RI untuk Inggris Raya, Irlandia, dan Organisasi Maritim Internasional, Dr Rizal Sukma, memimpin Delegasi Indonesia pada saat sidang pemilihan itu. “Tentu saja kita sangat bersyukur atas terpilihnya kembali Indonesia di Dewan IMO, terlebih lagi dengan kenaikan perolehan suara dan peringkat dibandingkan periode lalu,” ujarnya kepada Antara London, Jumat (1/12/2017) malam.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pidato pada sidang IMO Assembly ke 30 yang dipimpin Presiden IMO Assembly ke 30, Rolando Drago Rodriguez dari Chile di Markas besar IMO, pada Selasa (28/11/2017) lalu mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, berkomitmen untuk terus mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mendukung pertumbuhan ekonomi global.

Dikatakannya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki konektivitas antarpulau yang luar biasa. Untuk itu, Indonesia akan terus bekerja sama dengan IMO dalam mendukung rencana program Poros Maritim Dunia sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo di IMO bulan April 2016,” ujar Menhub Budi.

Sementara itu Dubes Rizal Sukma menekankan terpilihnya Indonesia menunjukkan pengakuan negara anggota IMO atas peran aktif Indonesia di sektor maritim global dan keberhasilan diplomasi RI di bidang tata kelola maritim global dan pencegahan pencemaran laut.

Sebagai anggota Dewan IMO, Indonesia memainkan peran strategis dalam menentukan agenda dan kebijakan global di bidang kemaritiman, khususnya yang menjadi fokus dan mandat IMO. Keanggotaan di IMO bertujuan untuk mewujudkan visi Pemerintah RI sebagai global maritime fulcrum dalam rangka memperjuangkan kepentingan nasional.

Pemilihan anggota baru Dewan IMO dilakukan di sela-sela Sidang Majelis IMO ke-30 yang berlangsung di Markas besar IMO di London, Inggris sejak tanggal 27 November hingga 6 Desember mendatang.

Delegasi Indonesia yang hadir pada Sidang Majelis IMO ke-30 terdiri dari perwakilan berbagai kementerian terkait, industri dan asosiasi seperti Pertamina, Pelindo, Pelni, dan INSA.

IMO adalah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan pelayaran dan pencegahan pencemaran laut oleh kapal. Dewan IMO merupakan organ eksekutif organisasi yang bertanggung jawab untuk mengawasi kerja dan kinerja organisasi. Dewan dipilih untuk jangka waktu dua tahun.

Terdapat tiga kategori Anggota Dewan IMO yaitu Kategori A, B, dan C. Anggota Dewan pada Kategori A merupakan 10 negara anggota dengan armada terbesar. Kategori B merupakan 10 negara lain dengan kepentingan terbesar dalam penggunaan jasa pelayaran. Sedangkan Kategori C adalah 20 negara yang tidak masuk dalam anggota kategori A dan B, namun memiliki kepentingan khusus dalam transportasi laut atau navigasi dan yang pemilihannya ke dalam anggota Dewan akan memastikan keterwakilan semua daerah geografis utama di dunia.