Presiden Jokowi Resmikan 4 Venue Asian Games di Stadion GBK

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 4 venue dari 13 venue yang direhabilitasi untuk Asian Games. Keempat venue tersebut adalah lapangan hoki, lapangan sepak bola A/B/C, lapangan panahan dan stadion renang (Aquatic) yang berada di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta.

Dalam sambutan singkatnya saat peresmian keempat venue tersebut di lapangan hockey Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (2/12/2017) Jokowi mengatakan,”Saudara-saudara sekalian yang saya hormati, saya ingin cepat saja dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan ABC, dan stadion renang aquatic di kawasan Gelora Bung Karno siang hari ini saya nyatakan diresmikan.”

 

Selanjutnya Jokowi  melakukan penandatanganan empat prasasti yang didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pemuda Olahraga Imam Nachrowi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Sekjen Kemenpora Gatot S Dewa Brata , Ketua INASGOC Eric Thohir, Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danish H Sumadilaga, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo dengan disaksikan oleh pengurus besar olah raga hockey Indonesia, dan ikatan arsitek Indonesia.

Sementara Menteri Basuki dalam laporanya kepada Presiden Joko Widodo mengatakan, rehabilitasi 13 venue di kawasan Gelora Bung Karno dilakukan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Dari 13 venue tersebut, ada 4 venue yang sudah selesai dan diresmikan.

“(Venue) sisanya sedang dalam tahap penyelesaian dan akan diresmikan pada akhir Desember 2017. Untuk keempat venue yang diresmikan pada hari ini juga bertepatan dengan diselenggarakannya tes event untuk Aquatic pada tanggal 8 dan 9 Desember sedangkan pertandingan hoki dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 17 Desember 2017,” katanya.

Menurut Menteri Basuki, untuk kawasannya sendiri, saat ini sedang dalam tahap penataan sehingga diharapkan pada akhir Desember juga bisa segera selesai. Dengan demikian, semua persiapan Asian Games bisa dilaksanakan sesuai dengan rencana dan bisa dilakukan tes event pada bulan Februari tahun depan.

“Untuk rehabilitasi venue di GBK Jakarta dan di Jakabaring Palembang sertapembangunan 10 Tower Wisma Atlet Kemayoran semuanya menelan anggaran Rp 6,2 triliun. Sedangkan untuk anggaran 4 venue yanng diresmikan siang ini total anggarannya mencapai Rp 370 miliar,” katanya.

Lapangan hoki yang diresmikan tersebut memiliki luas 7616 meter persegi, dengan kapasitas 733 kursi. Kontruksinya dikerjakan sejak tahun lalu dan sudah rampung. Sedangkan untuk lapangan panahan memiliki luas 12.142 meter persegi dengan kapasitas 112 kursi dan lapangan A/B/C memiliki luas 22.419 meter persegi. Ketiga lapangan tersebut dikerjakan oleh PT Jaya Konstruksi KSO dengan PT Yodya Karya.

Kemudian untuk stadion renang (aquatic) dikerjakan oleh PT Waskita Karya yang dianggap sebagai venue terbaik di Asia. Stadion renang itu memiliki empat kolam yaitu kolam utama untuk pertandingan, kolam polo air, kolam loncat indah dan kolam pemanasan. Stadion ini dilengkapi dengan 8000 kursi serta fasilitas pendukung lainnya.(***)