Kereta Amtrak Tergelincir di Seatle AS, Enam Tewas, 22 Cedera

SAN FRANCISCO (IndependensI.com) – Enam orang tewas dan 22 orang lagi dibawa ke tiga rumah sakit setelah satu kereta Amtrak tergelincir di dekat Tacoma di Negara Bagian Washington, AS, Senin (18/12/2017), demikian laporan media setempat. Patroli Negara Bagian Washington mengatakan secara keseluruhan 13 dari 14 gerbong Kereta Amtrak 501 tergelincir di sebelah selatan Seattle di Negara Bagian Washington di West Coast AS.

Satu gerbong kereta tersebut jatuh dari jembatan di jalan raya yang padat kendaraan, sedangkan lima kenderaan bermotor dua truk dihantam gerbong di jalan raya di bawah jembatan.

Meskipun kekurangan informasi resmi yang akurat mengenai korban tewas dan cedera, MultiCare Health, jaringan klinik dan rumah sakit nir-laba, mengatakan 22 orang dibawa ke riga rumah sakit untuk menjalani perawatan luka akibat tergelincirnya gerbong kereta Amtrak di dekat Tacoma di Negara Bagian Washington.

“Semua korban Kereta Amtrak yang tergelincir di DuPont berada di tiga dari empat rumah sakit,” kata MiltiCare Health di akun Twitter, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.

Departemen Sheriff’s Pierce County, Negara Bagian Washington, mengatakan departemen itu saat ini belum menyiarkan jumlah mengenai korban jiwa akibat tergelincirnya Kereta Amtrak di Pierce County.

National Railroad Passenger Corporation, atau Amtrak, mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa 78 penumpang dan lima anggota awak berada di kereta tersebut saat terjadi kecelakaan.

Amtrak sebelumnya mengatakan di akun Twitter bahwa layanan Amtrak ke selatan Seattle untuk sementara dihentikan, tapi layanan dari Seattle ke arah utara dan timur terus beroperasi.

US National Transportation Safety Board mengatakan terlalu dini untuk mengetahui apakah kecelakaan itu disebabkan oleh kecepatan tinggi.

Bella Dinh-Zarr, Juru Bicara NTSB, mengatakan satu tim 20 penyelidik dijadwalkan berada di lokasi pada Senin malam. (antara/xinhua/oana)