Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

Megawati : Kami Mencari Pemimpin yang dapat Membangun Daerahnya

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri Kamis (4/1/2018) mengumumkan  bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur (cagub-cawagub) yang diusung partai yang dipimpinnya pada pilkada serentak tahun 2018.

Pengumuman sekaligus pemberian surat tugas kepada bakal cagub dan cawagub tersebut disampaikan Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Adapun pasangan cagub-cawagub yang diumumkan adalah, Papua: John Wempi Wetip dan Habel Melkias Suwae. Maluku Utara, pasangan KH Abdul Ghani Kasuba dan Muhammad Al Yasin Ali. Nusa Tenggara Barat, pasangan Tuan Guru Ahyar Abduh dan Mori Hanafi. Kemudian, Lampung, pasangan Herman HN dan Sutono. Untuk Calon Gubernur Sumatera Utara PDIP mencalonkan Djarot Saiful Hidayat, namun wakil yang akan mendampingi Djarot Saiful Hidayat belum diumumkan. “Djarot Saiful Hidayat bersama wakilnya akan diumumkan tanggal 7 Januari 2018 mendatang,” kata Megawati.

Sementara itu, untuk bakal cagub dan cawagub yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat seperti Jawa Barat dan  Jawa Tengah  belum diumumkan siapa calon yang diusung PDI Perjuangan. PDI Perjuangan masih mengkaji secara matang dan melihat dinamika terakhir untuk ketiga daerah tersebut, sekalipun sudah ada sinyal mengenai figur yang akan dipilih sebagai Cagub. Karena itu, nama cagub dan cawagub untuk ketiga daerah itu belum dipastikan kapan diumumkan.

Menurut Megawati, PDI Perjuangan mengusung pasangan cagub-cawagub pada pilkada serentak, bukan sekadar cari orang, tapi mencari pemimpin untuk dapat memimpin daerahnya dengan baik.

Megawati mencontohkan, mengusung Tri Risma Harini, sebagai calon walikota Surabaya, pada pilkada serentak tahun 2015. “Risma kemudian, dapat mengemban amanahnya sebagai walikota. Dia contoh pemimpin yang baik di daerahnya. Saya tidak salah pilih sampai saat ini,” kata Megawati sebagaimana dikutip Antara.

Terhadap empat pasangan cagub-cawagub yang baru diumumkan, kata Megawati, ada yang kader PDI Perjuangan dan ada juga yang dari luar kader partai.

Megawati menegaskan, agar semua pasangan cagub-cawagub, mengikuti aturan yang diterapkan di PDI Perjuangan, dan kemudian bersiap-siap mendaftarkan diri ke KPU di daerahnya masing-masing. (kbn)