Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Joseph Nai So ketika deklarasi beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

Empat Pasang Cagub/Cawagub Bertarung di Pilkada NTT

KUPANG (IndependensI.com) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan, tiga paket bakal calon gubernur-wakil gubernur akan mendaftar pada hari pertama pembukaan Senin, 8 Januari 2018. “Berdasarkan penyampaian ke KPU, pada hari pertama pembukaan nanti ada tiga paket bakal calon yang mendaftar,” kata Ketua KPU NTT, Maryanti Adoe pada acara diskusi bersama pimpinan partai politik dan penghubung pasangan calon, di Kupang, Sabtu (6/1/2018).

Menurut dia, sesuai jadwal yang disampaikan ke KPU, pendaftaran pertama akan dilakukan pasangan Esthon Foenay-Chris Rotok pada pukul 08.00 WITA. Selanjutnya pasangan Beny Harman-Beny Litelnono atau paket ‘Harmoni’ akan mendaftar pada pukul 11.00 WITA dan ditutup oleh paket Marianus Sae-Emiliana Nomleni pada pukul 14.00 WITA. “Sedangkan paket Viktor Laiskodat-Yoseph Nae Soi atau paket Victory-Joss mengambil hari terakhir pendaftaran 10 Januari 2018 pukul 10.00 WITA.

Dia berharap, para pasangan calon bersama tim partai pengusungnya bisa konsisten dan tertib waktu, sesuai yang sudah dikonfirmasikan kepada KPU, agar tidak terjadi pergeseran waktu dan saling bertabrakan,” katanya.

Dia menambahkan, sampai saat ini sudah dua tim bakal pasangan calon yang datang melakukan asistensi dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yaitu Harmoni dan Esthon-Christ.

Untuk itu, dua tim lainnya juga diminta segera melakukan asistensi dokumen, menggunakan waktu yang ada hari ini dan besok agar saat pendaftaran tidak ada banyak perbaikan, katanya.

Mengenai prediksi calon, dia mengatakan KPU tidak mau membuat prediksi, tetapi menunggu sampai ada penetapan calon. “Kita tunggu sampai selesai pendaftaran pada 10 Januari dan dilanjutkan dengan penetapan calon pada 12 Februari 2018 dan pada 13 Februari akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut,” katanya.