Stadion Patriot Candrabhga (Dok/Ist)

Pemkot Bekasi Minta Uji Tanding Dibatalkan

Loading

BEKASI (IndependensI.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, menginginkan untuk membatalkan agenda ‘test event’ atau uji tanding Asian Games 2018′ di Stadion Patriot Candrabhaga karena akan dilakukan rehabilitasi total pada lapangan sepak bola itu.

“Selama dilakukan rehabilitasi, Stadion Patriot Candrabhaga tidak memungkinkan dijadikan ajang olahraga apa pun, sehingga kami minta rencana penggunaannya sebagai salah satu lokasi ‘test event’ Asian Games dibatalkan,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi Tedi Hafni seperti dikutip dari Antara, Senin (8/1).

Uji tanding Asian Games 2018 rencananya digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan pada pertengahan Februari 2018. Selain Stadion Patriot Candrabhaga, agenda yang sama juga akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Gelora Bandung Lautan Api, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung di Soreang.

Menurut Tedi, rencana rehabilitasi lapangan sepak bola Stadion Patriot Candrabhaga akan mulai digulirkan pada Januari 2018 dengan pelaksana di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Rehabilitasi lapangan dilakukan dengan mengangkat seluruh rumput lapangan sepak bola dan menggantinya dengan rumput baru. “Jika semula digunakan rumput jenis bermuda, maka kini yang akan dipakai ialah jenis zoysia matrella,” katanya.

Rumput pengganti itu diklaim memiliki kualitas yang sama dengan rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan mampu menghasilkan lapangan rumput yang lebih tebal. “Sampai benar-benar rampung penggantian rumputnya, diperkirakan pada Mei 2018. Selama masa itu tidak diperkenankan digunakan supaya saat hari H penyelenggaraan Asian Games, bagus hasilnya,” katanya.

Selain rehabilitasi lapangan sepak bola, kata dia, pihaknya juga akan melakukan perbaikan saluran drainase di lapangan sepak bola dan sekitar stadion agar saat hujan deras mengguyur tidak muncul genangan air. Tedi menambahkam, sejumlah fasilitas penunjang tambahan seperti AC juga wifi gratis serta kolam berendam di ruang ganti pemain akan ikut dilengkapi. “Perihal permohonan tidak dipergunakannya Stadion Patriot Candrabhga ini sudah kami sampaikan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga,” katanya. Permohonan ini merupakan saran dari Kementerian PUPR selaku pelaksana proyek rehabilitasi stadion.