Ilustrasi pertandingan cabang olahraga bola voli. (Dok/Ist)

Jakarta BNI Bidik Dua Gelar

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim bola voli Jakarta BNI Taplus menargetkan gelar juara dalam pertandingan tim putra dan tim putri kompetisi Proliga 2018 pada 19 Januari hingga 15 April 2018. Target tim Jakarta BNI untuk mengawinkan gelar berarti menempatkan diri sebagai pesaing tim Jakarta Pertamina Energi yang juga membidik peringkat pertama pada pertandingan tim putra dan tim putri Proliga 2018.

“Kami akan mengawinkan gelar pada kejuaraan musim 2018 karena tim putra dan tim putri kami telah memulai latihan sejak November 2017,” kata Manajer Tim Jakarta BNI Taplus Agus Junjungan seperti dikutip dari Antaranews, Rabu (10/1). “Tim kami sudah melakukan latihan di Bali dan Sentul, Bogor guna memfokuskan persiapan jelang musim ini,” kata Agus.

Dari catatan yang ada, hanya ada tiga tim yang mengikuti pertandingan tim putra dan tim putri dalam kejuaraan bola voli berhadiah total lebih dari Rp. 1 miliar itu. Mereka adalah tim Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI Taplus, dan Bekasi BVN. Tim putra Jakarta BNI pada Proliga 2017 menempati peringkat empat. Sedangkan tim putri mereka menampati peringkat enam.

Sementara, tim putra Jakarta Pertamina meraih gelar juara pada Proliga 2017. Sedangkan tim putri Jakarta Pertamina pada Proliga 2017 menyabet posisi runner-up. Jakarta Pertamina telah mendeklarasikan diri untuk mengawinkan gelar dalam Proliga 2018 yang akan berlangsung di delapan kota di Indonesia itu. “Kami optimistis meraih gelar juara pada musim ini karena kami punya pelatih baru Ansori selain komposisi pemain yang lengkap,” kata Manajer Tim Jakarta Pertamina Widi Triyoso.

Selain Jakarta BNI, Jakarta Pertamina, dan Bekasi BVN, Proliga 2018 juga akan diikuti dua tim lain pada pertandingan putra yaitu tim Palembang Bank SumselBabel dan tim Surabaya Bhayangkara Samator. Pada pertandingan tim putri, empat tim lain akan turut berkompetisi yaitu Jakarta Elektrik PLN, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo, dan Bandung Bank BJB Pakuan. Proliga 2018 akan berlangsung di delapan kota yaitu Yogyakarta, Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang, dan Solo pada 19 Januari hingga 15 April 2018.

Tunjuk Lokasi

Sementara itu, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) mengeluarkan Jakarta sebagai lokasi kejuaraan profesional Proliga 2018 menyusul ketiadaan arena pertandingan yang sesuai menjelang Asian Games 2018. “Jakarta tidak memiliki arena pertandingan atau gelanggang olahraga yang mampu menampung 3.000 hingga 5.000 orang kecuali Stadion Istora dan lapangan tenis indoor di Gelora Bung Karno Jakarta,” kata Wakil Ketua Bidang Kompetisi PP PBVSI Regi Nelwan.

Regi mengatakan, Stadion Istora dan lapangan tenis indoor masih dalam tahap penyelesaian renovasi jelang penyelenggaraan Asian Games di Jakarta pada Agustus 2018. “GOR di Kuningan, Kelapa Gading, ataupun Simprug belum memadai sebagai lokasi penyelenggaraan pertandingan bola voli yang mempunyai penggemar semakin banyak,” ujar Regi.

Meskipun tidak menempatkan Jakarta sebagai lokasi penyelenggaraan, Proliga justru merambah ke daerah lain yang sebelumnya pernah menjadi lokasi penyelenggaraan yaitu Denpasar Bali. “Terakhir kali Bali menjadi lokasi penyelenggaraan Proliga yaitu pada 2013,” kata Direktur Proliga Hanny S. Surkatty.