Ilustrasi. (Dok/Ist)

Islandia Cetak Kemenangan “Back to Back”

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim nasional Indonesia takluk dari Islandia dengan skor 1-4 dalam laga persahabatan internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (14/1). Gol Indonesia dalam partai tersebut dicetak oleh Ilham Udin Armaiyn di menit ke-28. Sementara gol Islandia dibuat Albert Gudmundsson di menit ke-45+2, 66-penalti dan 71 dan Arnor Smarason pada menit ke-59.

Seperti dikutip dari Antara, pertandingan berlangsung di tengah guyuran hujan di babak pertama. Timnas Indonesia yang mendapat dukungan lebih dari 36.000 penonton berusaha tampil menekan melalui kedua sisi sayap yang diisi Febri Hariyadi dan Osvaldo Haay. Hasilnya, beberapa kali Febri dan Osvaldo tampak merepotkan pertahanan Islandia. Di menit ke-21, Osvaldo Haay yang berakselerasi dari sisi kiri pertahanan Islandia berhasil masuk ke kotak penalti lawan sebelum jatuh karena gerakannya diganggu bek Islandia. Namun wasit Araki Yusuke tidak menganggapnya sebuah pelanggaran.

Indonesia secara mengejutkan sukses mencetak gol di menit ke-28 melalui Ilham Udin Armaiyn yang diplot sebagai penyerang tengah. Gol tercipta berkat kejelian Ilham yang dengan cepat menyambar bola hasil tangkapan tak sempurna penjaga gawang Islandia Stadion Utama Gelora Bung Karno berusia 22 tahun Runar Alex Runarsson. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Islandia yang tersentak berusaha membalas. Akan tetapi justru Indonesia memiliki beberapa peluang lain melalui Muhammad Hargianto dan Osvaldo Haay yang tendangannya melambung tinggi di atas gawang Islandia. Upaya keras Islandia akhirnya membuahkan hasil. Di akhir babak pertama, tepatnya menit ke-47, gelandang serang Islandia yang baru berumur 20 tahun Albert Gudmundsson sukses menyarangkan bola ke gawang Indonesia yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kendali permainan berada di tangan Islandia yang mengandalkan umpan-umpan pendek cepat. Anak-anak asuh pelatih Heimir Hallgromsson itu pun sukses membuat gol keduanya pada menit ke-59 melalui Arnor Smarason yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia. Indonesia semakin tertinggal di menit ke-66 usai Albert Gudmundsson mengonversi tendangan penalti dengan sempurna. Skor kemudian berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Islandia setelah di menit ke-71 Gudmundsson menorehkan gol ketiganya di pertandingan ini.

Gol ini sendiri tercipta cukup apik karena dalam prosesnya sang gelandang serang belia itu berlari sendirian (“solo run”) hampir setengah lapangan. Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan selesai. Bagi Islandia, kemenangan ini menjadi yang kedua di Indonesia setelah di laga pertamanya, Kamis (11/1) di Sleman, mereka mengalahkan Indonesia Selection dengan skor 6-0.