OSO Pecat Syarifudin Sudding, Orang Kepercayaan Wiranto

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memecat tangan kanan Wiranto yakni Syarifudin Sudding. Sekjen Hanura yang dikenal sebagai orang kepercayaan Wiranto ini digantikan Herry Lontung.

“Pak Herry Lontung adalah Sekjen Hanura yang baru. Yang lama (Syarifudin Sudding) sudah dipecat,” kata OSO, Selasa (16/1/2018).

OSO menjelaskan keputusan memecat Syarifudin Sudding dari jabatan Sekjen Partai Hanura sudah final. Pemecatan Sudding dilakukan karena masalah disiplin organisasi. Namun ia tidak menjelaskan terkait pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Syarifudin Sudding.

Ia menegaskan Sudding melakukan pelanggaran serius. “Pemecatan karena tidak disiplin organisasi, itu saja, yang lain-lainnya tidak usah diceritain di sini,” kata OSO.

Wakil Ketua Umum Partai Hanura Gede Pasek Suardika memastikan pemecatan Sudding dan penunjukan Herry sebagai penggantinya sudah sesuai prosedur. Keputusan itu diambil OSO dalam rapat DPP Hanura, Senin (15/1/2018) kemarin.

Sebelumnya Sekjen Hanura Syarifudin Sudding juga memecat OSO dari posisi ketua umum. Keputusan berdasarkan mosi tidak percaya dari 27 DPD dan lebih dari 400 DPC.

OSO disebut kerap mengambil keputusan yang dilakukan semena-mana, tidak mengacu pada AD/ART. Selain itu, ada juga tudingan bahwa OSO rajin meminta mahar politik kepada calon kepala daerah yang akan diusung Partai Hanura di Pilkada.