Tim inti Bhayangkara Samator. (Istimewa)

Bhayangkara Samator Nyaris Kalah

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim putra klub Surabaya Bhayangkara Samator unggul tipis atas Palembang Bank Sumsel Babel dalam lanjutan pertandingan kompetisi bola voli Proliga 2018 yang berlangsung GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (21/1).

Selepas menang di set pertama, Samator harus merelakan BSB merebut set kedua. Kendati di set ketiga Samator kembali memenangkan laga, BSB dapat kembali menyamakan kedudukan 2-2. Akhirnya, Samator mampu memenangkan laga usai memperoleh hasil positif di set pamungkas sehingga Samator mampu mengungguli BSB dengan skor 3-2 (25-18, 23-25, 25-9, 20-25, 15-13).

Pelatih tim putra Samator, Ibarsyah Djanu Tjahjono mengatakan tidak mudahnya mereka memperoleh kemenangan karena banyak melakukan kesalahan sendiri terutama di set kedua yang terhitung mereka kehilangan 15 poin karena kesalahan dari servis dan passing. “Demikian juga di set ke-4. Set ke-5 kami juga sempat tertinggal 4-9, lalu kami mulai melakukan perubahan permainan setelah kami membaca lawan kerap menyerang di posisi empat, beruntung akhirnya kami mampu unggul,” kata Ibarsjah seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu pelatih BSB Samsul Jais menilai penampilan skuatnya cukup baik meski memperoleh hasil minor di pertandingan pertama mereka itu. “Kami nyaris menang, tapi kurang beruntung. Tapi ini wajar juga karena ini adalah pertandingan pertama kami musim 2018 ini sehingga masih melakukan adaptasi terhadap atmosfer pertandingan,” kata Samsul.

Dengan hasil yang diperoleh di Yogyakarta ini, kedua tim bertekad akan melakukan evaluasi untuk menghadapi seri kedua di Batam yang akan mulai bergulir 26 Januari 2018. “Hasil di Yogyakarta ini akan kami evaluasi segera secara menyeluruh, terutama perbaikan di servis, blok dan penerimaan,” kata Ibarsjah.

Sedangkan Samsul pun menilai tim BSB juga harus melakukan evaluasi, terutama untuk menutupi kelemahan mereka dalam penerimaan servis. Selain itu, tambah Samsul, evaluasi juga kemungkinan akan melingkupi pemain asing mereka asal Kolombia, Christian Palacios yang menurut sang nahkoda belum cukup maksimal. “Pemain asing kami, Palacios belum main 100 persen, kami berharap dia bisa memperkuat centre block, tapi jika penampilannya tidak sesuai harapan akan kami evaluasi dan tidak menutup kemungkinan bisa diganti,” ucap pelatih yang juga mantan pemain nasional itu.