Para pemain voli putra Indonesia meluapkan kegembiraan setelah berhasil memenangkan pertandingan babak penyisihan bola voli putra grup A Asian Games 2018 melawan Kirgistan di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Jumat (24/8). Indonesia menang 3-0. (ANTARA/INASGOC)

Timnas Voli Mulai Atasi “Demam Panggung”

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Tim Nasional Bola Voli Putra Samsul Jais mengatakan anak asuhnya mampu mengatasi demam panggung di pertandingan perdana sehingga mampu tampil lepas dan mengalahkan Kirgistan tiga set langsung. “Kemarin itu demam panggung saja, tapi hari ini kita tunjukkan kelas kita, bahwa kita seperti itu,” kata Samsul seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/8/2018).

Dalam pertandingan kedua masing-masing tim di Pool A ini Indonesia mengalahkan Kirgistan 3-0 (25-21, 25-17, 25-20) untuk memastikan kelolosan ke fase gugur. Selain demam panggung yang hilang, tambah Samsul, faktor kemenangan atas Kirgistan adalah karena strategi maupun teknik bermain bola voli Indonesia yang lebih baik dari lawan. “Kita melakukan teknik dan sistem bermain voli dengan baik, karena kita yakin diatas mereka,” kata mantan pelatih Palembang Bank Sumsel Babel ini.

Untuk persiapan selanjutnya melawan tim di fase gugur, Samsul mengatakan akan menyiapkan timnya dengan lebih baik, siapapun lawan yang dihadapi. “Kita melakukan persiapan selangkah demi selangkah karena belum tahu lawannya siapa. Tapi lawan siapa saja, kami siap,” kata Samsul.

Dalam pertandingan sebelumnya, Indonesia tidak mampu mengatasi ketangguhan Arab Saudi dan harus menyerah 1-3 (23-25, 25-16, 19-25, 22-25). Dengan kemenangan ini, Indonesia memastikan diri lolos ke fase gugur sebagai runner up, sedangkan Kirgistan tersingkir dari turnamen. Pengundian lawan Indonesia selanjutnya akan dilakukan pada Sabtu (25/8). Menurut rencana, Indonesia akan bertarung di fase gugur pada Minggu (26/8).